Sampah Menjadi Masalah Utama, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Lakukan Pembentukan Program Bank Sampah Dan Edukasi Pencatatan Keuangannya

Sampah Menjadi Masalah Utama, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Lakukan Pembentukan Program Bank Sampah Dan Edukasi Pencatatan Keuangannya






wirausahanesia.com - Desa Parunggalih, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang (02/08/2024). Di dalam PP Nomor 27 Tahun 2020 dijelaskan bahwa sampah spesifik adalah sampah yang karena sifat, konsentrasi dan / atau volumenya memerlukan pengelolaan khusus. Sampah – sampah seperti ini biasa disebut dengan sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), dimana penghasil utama sampah B3 berasal dari rumah tangga. 

Sampai saat ini, masalah utama dari Desa Parunggalih yang belum terkendali adalah mengenai sampah. Sebab, di Desa Parunggalih belum memiliki TPS ataupun pemulung yang biasa untuk mengambil sampah, sehingga warga disini untuk membuang sampah masih sering dibakar atau dibuang ke aliran sungai atau selokan. 

Oleh karena itu, masalah inilah yang menjadi program kerja pilihan Adinda Qudsia Nur Parsa sebagai mahasiswa Akuntansi Perpajakan yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Parunggalih. Target dalam pelaksanaan program kerja ini adalah ibu-ibu, yang diberikan edukasi tentang pengelolaan bank sampah serta pencatatan keuangan dalam bank sampah. 

Di dalam pelaksanaan program kerja ini, selain diskusi tentang program bank sampah, disinggung pula tentang pencatatan keuangan. Di dalam penjelasan saat pencatatan keuangan, ibu – ibu yang menghadiri acara tersebut terlihat semakin antusias, karena mereka mulai mengetahui bahwa pemasukan dari program bank sampah ini bisa membantu perekonomian warga disana dan mereka juga mulai paham cara pengelolaan dan pencatatan keuangan yang tepat. 
 


Setelah pelaksanaan program kerja ini, diharapkan program bank sampah akan berjalan untuk membantu mengurangi penumpukan sampah serta membantu meringankan perekonomian dari warga Desa Parunggalih. 



Penulis : 
Adinda Qudsia Nur Parsa 
Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi – Akuntansi Perpajakan

Dosen Pembimbing Lapangan : 
Aulia Vidya Almadana, S.E., M.M.

Editor :
Achmad Munandar