Menarik! Mahasiswa UNDIP Bantu Branding Desa Girirejo Melalui Instagram

Menarik! Mahasiswa UNDIP Bantu Branding Desa Girirejo Melalui Instagram


Gambar 1. Dokumentasi Penyerahan 
Akun Media Sosial Instagram Desa Girirejo


wirausahanesia.com - WONOGIRI (10/08/2024) - Di era digital yang semakin maju ini, pemanfaatan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi dan interaksi, tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk membangun citra atau branding. Potensi besar media sosial ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik suatu desa.

Pemanfaatan media sosial merupakan salah satu langkah strategis dalam pengembangan desa. Informasi mengenai potensi usaha dan kekayaan lokal yang disajikan melalui media sosial dapat menjadi nilai tambah yang signifikan bagi suatu desa. Dengan menampilkan beragam potensi usaha dan kekayaan lokal, desa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, menarik minat wisatawan, serta memperkuat citra positif di mata masyarakat luas.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 dari Program Studi Manajemen mengambil inisiatif untuk memajukan desa dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana branding. Sebagai langkah awal, Sefira melakukan survei desa, termasuk usaha-usaha dan potensi yang ada di dalamnya, untuk menyusun konten yang relevan. Potensi yang ditemukan sangat beragam dan memiliki nilai yang besar untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Konten yang disajikan di akun Instagram Desa Girirejo sangat beragam, mulai dari foto-foto keindahan alam, produk UMKM lokal, hingga kegiatan masyarakat. Dengan sentuhan kreatif, setiap unggahan berhasil menarik perhatian pengguna Instagram. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga masyarakat terhadap desa serta mendorong minat untuk berkunjung dan berbelanja produk lokal.

 Gambar 2. Feeds Instagram Desa Girirejo

Penyerahan akun Instagram dilakukan pada Kamis (08/08/24), kepada Kepala Urusan Desa Girirejo, Pak Dariswan. Dengan terlaksananya program ini, diharapkan branding desa akan semakin kuat dan informasi mengenai Desa Girirejo dapat terus disebarluaskan secara berkelanjutan. Selanjutnya, akun tersebut akan dikelola oleh Tata Usaha Desa Girirejo, sehingga dapat menjadi media yang efektif dalam memperkenalkan potensi desa kepada masyarakat luas.



Penulis: 
Sefira Nindiany 
Mahasiswa Juruan Manajemen
Fakultas Ekonomika dan Bisnis 
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar