Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Melatih Digitalisasi Pencatatan Keuangan Untuk Para UMKM Desa Parunggalih

Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Melatih Digitalisasi Pencatatan Keuangan Untuk Para UMKM Desa Parunggalih






wirausahanesia.com - Desa Parunggalih, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang (30/07/2024). Sebagai pelaku bisnis, hal utama yang harus dilakukan adalah pemahaman tentang pencatatan keuangan agar memahami keluar masuknya transaksi penjualan yang ada dengan tepat. Banyaknya UMKM yang belum memiliki pembukuan atau pencatatan keuangan di Desa Parunggalih menjadi fokus mahasiswa KKN UNDIP untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Pelaksanaan program kerja oleh Adinda Qudsia Nur Parsa sebagai mahasiswa Akuntansi Perpajakan, yang membantu dalam pengenalan dan pelatihan platform pencatatan keuangan digital menggunakan aplikasi BukuWarung.

Para UMKM di Desa Parunggalih hampir semuanya sudah memiliki handphone pribadi yang mendukung dalam internet dan pengunduhan aplikasi BukuWarung, tetapi mereka masih belum memahami dan mengenal adanya aplikasi tersebut yang bisa membantu mereka dalam pencatatan keuangan yang bisa dibawa kemana-mana.  Kegiatan ini pula membantu pemerintah dalam pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi keuangan. Penting bagi UMKM untuk bisa mengikuti arus digitalisasi keuangan saat ini agar bisa terstruktur. Maka dari itu, perlu pengenalan dan pelatihan aplikasi pembantu pencatatan keuangan untuk para UMKM. 
 

Dalam melaksanakan program kerja ini, metode door to door menjadi metode yang tepat untuk diterapkan dalam memperkenalkan dan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi BukuWarung. Metode door to door digunakan karena keterbatasan waktu bagi para UMKM dan lebih bisa berinteraksi secara dekat untuk memberikan bimbingan secara pribadi dan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Harapan dari pelaksanaan program kerja ini, para pelaku UMKM dapat mengikuti perkembangan zaman terutama dalam digitalisasi keuangan yang diharapkan dapat memudahkan mereka dalam mengatur keuangan dalam penjualan serta meningkatkan daya saing, sehingga dapat memajukan perekonomian khususnya di Desa Parunggalih. 




Penulis : 
Adinda Qudsia Nur Parsa 
Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi – Akuntansi Perpajakan

Dosen Pembimbing Lapangan : 
Aulia Vidya Almadana, S.E., M.M.

Editor :
Achmad Munandar