Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan “Pembuatan MPASI Dari Bahan Utama Ikan” Di Desa Purwosari Kecamatan Purwosari

Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan “Pembuatan MPASI Dari Bahan Utama Ikan” Di Desa Purwosari Kecamatan Purwosari



wirausahanesia.com - Purwosari, 24 Juli 2024. Mahasiswa KKN Tim II Shindu Panji Wicaksono 26050121140115 dari Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro, melaksanakan kegiatan yaitu program monodisplin “Pembuatan Mpasi Dari Bahan Utama Ikan” pada kelas ibu dan balita di Desa Purwosari, Kecamatan Comal. Kegiatan ini fokus pada edukasi pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) berbasis ikan untuk ibu dan balita setempat. Bertempat di Aula Balai Desa Purwosari, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu mengenai gizi balita dan teknik pembuatan MPASI yang sehat.

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk pemenuhan gizi anak, khususnya pada periode awal kehidupan. Di desa Purwosari, Kecamatan Comal, terdapat program edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pembuatan MPASI berbahan dasar ikan. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat ikan sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan balita.

Tujuan Kegiatan adalah : 
1. Memberikan pengetahuan tentang manfaat ikan sebagai bahan MPASI.

2. Mengajarkan cara pembuatan MPASI yang bergizi dan sesuai untuk balita.

3. Meningkatkan keterampilan ibu dalam memproses ikan menjadi makanan yang aman dan sehat untuk anak. 

Pelaksanaan Kegiatan pembuatan MPASI diberikan pada saat adanya kegiatan kelas ibu dan balita di desa Purwosari, Kecamatan Comal. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2024. Metode Kegiatan adalah presentasi dan diskusi mengenai pentingnya ikan dalam MPASI kemudian demonstrasi langsung pembuatan MPASI dari ikan yang melibatkan peserta, sesi tanya Jawab, dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi tentang topik yang dibahas. 


Kegiatan pembuatan MPASI dari ikan di Desa Purwosari berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu mengenai gizi balita. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut dan menjadi model bagi desa-desa lain dalam upaya memperbaiki gizi dan kesehatan anak. Dalam hal ini, setelah melakukan sosialisasi terkait pembuatan MPASI dari bahan ikan, maka Mahasiswa akan melakukan monitoring dan evaluasi berkala untuk menilai dampak dari kegiatan ini dan mengidentifikasi kebutuhan tambahan. 

Dengan kegiatan ini, diharapkan Desa Purwosari dapat terus berkembang dalam upaya meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan anak-anak. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan ini. Demikianlah laporan ini disusun sebagai dokumentasi dan bahan evaluasi untuk kegiatan yang telah dilaksanakan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keberhasilan kegiatan ini. 


Penulis : 
Shindu Panji Wicaksono 

Program Stud i: 
Oseanografi 

Dosen pembimbing Lapangan : 
M. Indra Hadi Wijaya, S.T, M.PWK.
NIP H.7.198812042019091001

Editor :
Achmad Munandar

#P2KKNUNDIP
#KKNUndipTim2
#LPPMUndip
#Undip