Mahasiswa KKN Undip Bantu UMKM Menginovasikan Visualisasi Tempat Jualan dan Digitalisasi UMKM Untuk Mengoptimalisasi Daya Saing

Mahasiswa KKN Undip Bantu UMKM Menginovasikan Visualisasi Tempat Jualan dan Digitalisasi UMKM Untuk Mengoptimalisasi Daya Saing




wirausahanesia.com - Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar (01-08-24)  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) berkolaborasi dengan beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar untuk menginovasikan visualisasi tempat jualan melalui MMT dan Digitalisasi UMKM guna meningkatkan daya saing. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara door-to-door dengan target utama, yaitu UMKM Bakso Malang Asli Pak Slamet dan Es Degan Restu Ibu.

Visualisasi tempat jualan adalah proses perancangan dan penyusunan elemen-elemen visual seperti spanduk, banner, poster, dekorasi, tata letak produk, dan desain kios yang bertujuan untuk membuat tempat usaha terlihat lebih menarik, profesional, dan mencolok. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen, menciptakan kesan positif, dan meningkatkan kenyamanan serta minat belanja pelanggan. 

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen, menciptakan kesan positif, dan meningkatkan kenyamanan serta minat belanja pelanggan. Kemudian Digitalisasi UMKM kuliner melalui e-commerce seperti Grab Food dan Go Food bertujuan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan mempermudah manajemen pesanan. Dengan demikian, UMKM dapat mengoptimalkan pertumbuhan bisnis, meningkatkan daya saing, dan memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin bergantung pada layanan digital.


Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang pentingnya visualisasi pada tempat jualan dan Digitalisasi UMKM untuk mengoptimalkan daya saing, kemudian dilanjut dengan pembuatan MMT beserta desainnya, dan selanjutnya mahasiswa KKN membantu untuk memasangkan atau mengaplikasikan di tempat jualan UMKM tersebut.

Program ini mendapat sambutan positif dari pelaku UMKM di Kelurahan Jungke karena memberikan visualisasi tempat jualan semakin menarik. Pak Didik selaku pemilik UMKM Es Degan Restu Ibu menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan oleh mahasiswa KKN Undip.

Melalui adanya program ini, diharapkan UMKM di Kelurahan Jungke dapat tumbuh dan berkembang, serta meningkatkan daya saingnya. Program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi pelaku UMKM lain agar untuk berinovasi mengembangkan visualisasi tempat jualannya yang berdaya ssaing dan melakukan digitalisasi UMKM.



Editor:
Achmad Munandar