Keren! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2023/2024 Berikan Edukasi Untuk Mengurangi Ketergantungan Penggunaan Plastik Di Desa Kedungjambal Dengan Mengkampanyekan “Diet Kantong Plastik”

Keren! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2023/2024 Berikan Edukasi Untuk Mengurangi Ketergantungan Penggunaan Plastik Di Desa Kedungjambal Dengan Mengkampanyekan “Diet Kantong Plastik”

  



wirausahanesia.com - Kedungjambal, Tawangsari, Sukoharjo (2/8/2024) - Saat ini tingkat konsumtif masyarakat yang tinggi menjadikan limbah rumah tangga semakin meningkat salah satunya adalah sampah plastik. Plastik sendiri terbuat dari bahan material yang membutuhkan waktu lama untuk terurai, itu pun tidak terurai sempurna melainkan hanya berubah menjadi serpihan kecil atau disebut microplastic. Hal ini mengakibatkan plastik akan terus menumpuk dan menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Dengan demikian, sampah plastik menjadi masalah serius dan perhatian dari berbagai negara di dunia.

Ketergantungan penggunaan plastik pun masih menjadi suatu kebiasaan masyarakat Desa Kedungjambal dalam berkegiatan sehari-hari seperti ketika berbelanja ke pasar, warung, dan minimarket untuk membawa barang yang dibeli masih menggunakan kantong plastik. Sehingga jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan sampah plastik akan semakin menggunung dan mencemari lingkungan.

Dengan berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah pada pasal 11 bahwa dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga masyarakat wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan. Maka karena itu, Rosita Alma Rintawati salah satu mahasiswa KKN UNDIP TIM II Tahun 2023/2024 mengedukasi dan mengajak masyarakat Desa Kedungjambal untuk mengurangi ketergantungan penggunaan plastik melalui program kedungjambal diet kantong plastik.

Program tersebut dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2024 di Balai Desa Kedungjambal yang dilakukan dengan cara memberikan edukasi dan pemahaman mengenai bahaya penggunaan plastik kepada masyarakat Desa kedungjambal. Dalam praktiknya, program ini diawali dengan pembukaan, pemaparan materi, pemberian tote bag dan dokumentasi. Pelaksanaan program  berjalan sangat lancar dan mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat Desa kedungjambal.

Pada akhir program, masyarakat Desa Kedungjambal dibagikan 30 tote bag yang harapannya dapat membantu masyarakat untuk lebih mawas dalam penggunaan plastik di kehidupan sehari hari dan mengurangi sampah plastik yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara menggunakan tote bag atau tas belanja ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari.




Penulis: 
Rosita Alma Rintawati
(Administrasi Publik, FISIP UNDIP)

DPL:
M. Ghazi Agam Sas, S.P.,M.Si.

Lokasi KKN: 
Desa Kedungjambal, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar