Cepat dan Mudah! Mahasiswa KKN Tim II Undip Perkenalkan Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara Online

Cepat dan Mudah! Mahasiswa KKN Tim II Undip Perkenalkan Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara Online




wirausahanesia.com - Desa Karangjati, Kabupaten Pekalongan (25/07/2024) - Kemajuan teknologi digital yang begitu pesat membawa dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Pembelian barang dan pembayaran beraneka ragam kebutuhan semakin dipermudah dengan berkembangnya jejaring internet. Termasuk juga dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dahulu harus mengantre di samsat terdekat atau harus menunggu jadwal samsat keliling, sekarang PKB dapat dibayar kapanpun dan dimanapun. Samsat Provinsi Jawa Tengah hadir dengan mengembangkan aplikasi NEWSAKPOLE untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran PKB. Meskipun demikian, masyarakat Desa Karangjati masih banyak yang belum mengetahui adanya aplikasi tersebut.

Mulai tanggal 25 Julii 2024, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023/2024 melakukan pendampingan pembayaran Pajak Kendaran Bermotor (PKB) dan pengenalan aplikasi NEWSAKPOLE kepada masyarakat Desa Karangjati. Kegiatan ini dilakukan secara door to door kepada masyarakat dan juga perangkat Desa Karangjati. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan cara cepat dan mudah untuk membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang dan antre ke kantor samsat terdekat. Respon positif datang dari masyarakat yang dikunjungi oleh mahasiswa KKN Tim II Undip mengingat banyak dari mereka yang bekerja di perusahaan sehingga mungkin tidak punya waktu untuk membayar pajak secara langsung di kantor samsat.

Dalam kegiatan ini juga dibagikan leaflet seputar pajak kendaraan bermotor supaya materi yang disampaikan dapat mudah dimengerti. Materi yang diberikan berisi mengenai pengertian pajak kendaraan bermotor, apa saja yang harus dibayar pemilik kendaraan bermotor, pengenalan aplikasi NEWSAKPOLE, dan tata cara pembayaran PKB melalui aplikasi NEWSAKPOLE. Walaupun ada beberapa kendala seperti sinyal yang kurang memadai di wilayah Desa Karangjati, namun hal tersebut tidak mempengaruhi minat masyarakat dalam mencoba aplikasi tersebut.
 

Melalui program KKN Tim II UNDIP ini, masyarakat Desa Karangjati telah diperkenalkan pada kemudahan membayar pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi NEWSAKPOLE. Program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan kewajiban perpajakan, tetapi juga memberikan solusi praktis bagi warga yang ingin membayar pajak tanpa harus antre di Samsat.

Dengan berjalannya program kerja ini, kesadaran warga Desa Karangjati akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor dapat meningkat secara signifikan. Hal ini tidak hanya meringankan beban kerja perangkat desa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah, menunjukkan bahwa program KKN UNDIP memiliki dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemerintah desa.


Penulis: 
Siad Ade Bagus Apriyoga
Akuntansi Perpajakan


Editor:
Achmad Munandar
 


#KKNUNDIPTIM2
#p2kknundip
#lppmundip
#undip