7 Peluang Usaha dan Ide Proposal PKM-K untuk Mahasiswa

7 Peluang Usaha dan Ide Proposal PKM-K untuk Mahasiswa



wirausahanesia.com - Bagi sobat mahasiswa yang bingung memulai usaha dengan alasan tidak punya modal, bisa memanfaatkan kompetisi bisnis yang rutin di adakan di perguruan tinggi misalnya Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKM-K.

Biasanya satu kelompok terdiri dari beberapa mahasiswa dan mengajukan proposal bisnis yang masuk akal serta berpotensi balik modal dan untung dalam waktu kurang dari satu tahun, mengingat program ini akan ada pendanaan, monitoring dan evaluasi selama kurang lebih satu tahun. Puncaknya ide-ide bisnis yang didanai akan diperlombakan hingga tingkat nasional lewat ajang PIMNAS bersama dengan katagori PKM lainnya.

Pertanyaannya ide bisnis apa saja yang sekiranya anti-mainstream naun tetap masuk akal, profitable dan bisa dijalani sembari beraktifitas sebagai mahasiswa di perkualiahan? lewat postingan kali ini wirausahanesia.com punya beberapa rekomendasi jenis usaha yang bisa jadi inspirasi, ini daftarnya:


1. Usaha Jasa Anjem
Anjem yang merupakan kepanjangan dari antar jemput merupakan fenomena yang sedang ramai di kalangan mahasiswa. Jasa ini disediakan oleh mahasiswa juga yang sedang mencari tambahan uang saku atau lagi gabut saja.

Konsepnya seperti jasa ojek konvensional, pemilik jasa menawarkan jasanya biasanya lewat aplikasi twitter atau Xm instagram dan story whatsapp. Mahasiswa lain yang butuh bepergian misal ke kampus, terminal, stasiun atau minta di jemput akan menghubungi, menanyakan tarif dan janjian waktunya. Setelah deal layaknya ojek konvensional penyedia jasa anjem akan mengantarkan atau menjemput customernya.

Mengapa jasa Anjem ramai? karena murah dari sisi tarif, umumnya lebih rendah daripada di aplikasi ojek online bahkan ojek konvensional. Untuk pemesanan juga tidak harus install aplikasi dulu.

Sobat bisa menjadikan fenomena ini jadi ide proposal PKM-K dengan membuat sistem yang lebih efisien misalnya membuat aplikasi berbasis webiste atau mobile yang mempertemukan antara mahasiswa yang butuh anjem dan mahasiswa yang mau dapat uang saku tambahan.

Atau kalau membuat aplikasi terlalu ribet, buat saja kontak whatsapp khusus yang melayani anjem, sobat bisa menawarkan penyedia jasa anjem jad anggota, ketika ada pesanan bisa di lempar ke grup siapa yang mau ambil. 

Model bisnisnya bisa dengan menambah biaya admin atau layanan, tidak perlu besar karena pada dasarnya sobat hanya perantara antara yang butuh anjem dan penyedia jasa anjem.



2. Usaha Jastip
Jastip atau jasa titip juga sedang viral di kalangan mahasiswa seperti layaknya anjem, bedanya jika anjem mengantar orang, untuk jastip penyedia jasa menerima orderan untuk membelikan sesuatu bisa makanan, minuman atau keperluan lain dari toko ke alamat mahasiswa yang pesan.

Hal ini bisa jadi ide untuk proposal PKM-K dengan mengadopsi sistem anjem di atas juga, selamat mencoba.



3. Pusat oleh-oleh merchandise khas kampus
Sekarang Undip sudah punya toko oleh-oleh merchandisenya sendiri dimana mahasiswa dan masyarakat umum bisa datang dan beli oleh-oleh dari stiker, gantungan kunci, tumbler, botol minum, kaos, topi, jaket varsity dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi sobat yang kampusnya belum punya pusat oleh-oleh merchandise official bisa jadi ide untuk proposal PKM-K dengan memproduksi pernak pernik di atas. Jika modal untuk sewa tempat dan memproduksi souvenir di awal terlalu besar, sobat bisa memanfaatkan sosial media dan toko online serta sistem Pre Order sehingga meminimalisir pengeluaran di awal.

Hal ini juga bisa dikembangkan dengan membuat tema daerah sehingga bisa menjadi oleh-oleh souvenir daerah ala Dagadu Djogja dan Joger di Bali.



4. Booth minuman kopi dan teh di dalam kampus
Maraknya booth-booth kopi kekinian dan es teh cup jumbo 3.000 di jalanan bisa jadi ide usaha lho. Buat saja booth serupa di dalam kampus misalnya dengan menyewa di area kantim pasti karis manis.

Habis pusing kuliah dan praktikum bisa nongky-nongky cantik sambil minum kopi susu atau es teh cup jumbo 3.000. Sobat bisa memadukan minuman ini dengan aneka camilan misalnya sosis, kentang, jamur crispy dan lainnya untuk meningkatkan penjualan.

Bedanya ini di dalam kampus sehingga punya segmen yang niche banget dan menarik jadi ide proposal PKM-K, kalau ditanya cara scaleupnya jelaskan saja akan menambah cabang di jurusan dan fakultas lain hingga seluruh gedung perkuliahan ada produk kalian, keren kan?.



5. Warung kelontong kekinian
Sudah tahu ada pesaing yang bikin indomaret dan alfamaret sempat gentar? yup warung sembako madura. Hal ini bisa sobat adopsi untuk jadi proposal ide usaha PKM-K dengan membuat warung kelontong kekinian.

Tak perlu ribet bisa kulakan di pasar dan grosir, ambil margin sedikit saja tidak apa yang penting semua ada dan lebih murah dari minimarket merah dan biru.

Tempatnya juga yang kecil-kecil saja yang penting barang ditata dengan rapi, lengkapi dengan metode pembayaran scan qris sehingga memudahkan calon pembeli.



6. Jual beli barang preloved
Jika thrifting adalah beli baju bekas layak pakai, aktifitas menjualnya biasa disebut dengan preloved. Menjual barang yang sekiranya sudah tidak diperlukan misalnya perabot anak kos yang sudah mau lulus dan pindah.

Sobat bisa menjadikan hal ini ide bisnis proposal PKM-K dengan menerima barang-barang preloved dan menjualnya kembali.

Bagi anak kos lain, membeli barang preloved bisa jadi cara berhemat selama kualitasnya barangnya masih bagus dan berguna daripada harus beli yang baru dengan harga lebih mahal.

Saran dari kami ketika menjalankan usaha ini pastikan asal usul barangnya legal, bersihkan dahulu atau restorasi sebelum dijual sehingga nilai ekonominya bakal bisa dinaikkan sehingga menghasilkan margin yang lumayan.



7. Membuat homeless media
Di era sosial media sobat bisa membuat media sendiri, tak perlu harus mencetak sebagai majalan, buletin atau membuat website. Semua bisa dimulai dengan sosial media seperti Instagram, twitter, TikTok dan Youtube misalnya. namanya Homeless Media.

Kontennya bisa seputar dunia kampus dan sekitarnya agar niche banget. Kalau followersnya sudah besar akan bisa dimonetise dengan menerima endorse dan paid promote.



Demikian tadi sobat wirausahanesia postingan kita kali ini tentang 7 Peluang Usaha dan Ide Proposal PKM-K untuk Mahasiswa, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar