Sosialisasi Pembuatan Biogas di Desa Walangsanga Oleh Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024

Sosialisasi Pembuatan Biogas di Desa Walangsanga Oleh Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024

Gambar 1. Sosialisasi Pembuatan Biogas ke Ibu-Ibu PKK

wirausahanesia.comWalangsanga, Pemalang (29/1/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu sosialisasi pembuatan biogas ke ibu-ibu PKK di Desa Walangsanga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 29 Januari 2024 di salah satu rumah ibu-ibu PKK, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.
 
Pemanfaatan Limbah Organik: Solusi Inovatif dalam Pembangkitan Energi 
Sampah organik seperti sisa makanan dan kotoran hewan sering kali dianggap sebagai limbah yang tidak berguna. Namun, dengan teknologi yang tepat, limbah organik ini dapat diubah menjadi sumber energi yang bernilai, yaitu biogas. Proses fermentasi anaerobik memecah bahan organik menjadi gas metana, yang kemudian dapat digunakan untuk memasok energi bagi berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga menghasilkan listrik. 

Mengurangi Pencemaran Lingkungan 
Salah satu manfaat utama pembuatan biogas adalah mengurangi pencemaran lingkungan. Limbah organik yang terurai di tempat pembuatan biogas dapat menghasilkan gas metana jika dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau tumpukan sampah tradisional. Metana adalah gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada karbon dioksida dalam mempercepat pemanasan global. Dengan menangkap gas metana ini melalui pembuatan biogas, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan membantu melindungi lingkungan.

Selama kegiatan berlangsung, ibu-ibu PKK menanggapinya dengan penuh antusias dan berpartisipasi aktif dalam bertanya.



Penulis: 
KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024

DPL: 
Sigit Febrianto, S.Kel., M.Si

Lokasi: 
Desa Walangsanga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang

Editor:
Achmad Munandar