Pendirian Pasar Kaget di Desa Kebon Membawa Nuansa Baru Bagi Penduduk Desa Kebon

Pendirian Pasar Kaget di Desa Kebon Membawa Nuansa Baru Bagi Penduduk Desa Kebon

 



wirausahanesia.com - Desa Kebon, Jembatan Konang - Sebuah inisiatif segar dari salah satu program multidisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Diponegoro 2023/2024 mewarnai keseharian masyarakat Desa Kebon, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, dengan mendirikan pasar kaget yang dimulai sejak tanggal 29 Januari 2024. Pasar ini terletak di sisi timur Jembatan Konang yang menjadi garis batas antara Desa Kebon dan Desa Krikilan, tepatnya di RW 01 Desa Kebon. Pasar ini melibatkan setidaknya 12 pedagang dari dalam dan luar Desa Kebon, menawarkan beragam produk mulai dari makanan, jamu tradisional, sayuran segar, ikan, hingga angkringan.

Kehadiran pasar kaget ini memberikan warna baru bagi kehidupan masyarakat Desa Kebon. Pasar yang berlangsung setiap hari, di pagi dan sore hari ini menjadi wadah bagi para pedagang lokal dan luar untuk menawarkan produk usahanya. Penduduk setempat pun menyambut antusias kehadiran pasar ini, menemukan beragam pilihan barang dengan harga yang bersaing dan kualitas yang terjaga.

Pasar kaget ini juga menawarkan variasi jualan yang cukup beragam, mulai dari makanan khas daerah, jamu tradisional dengan khasiat yang telah terbukti, hingga bahan pangan segar seperti sayuran dan ikan laut. Hal ini membuat pasar kaget Desa Kebon menjadi destinasi belanja yang menarik bagi penduduk sekitar maupun penduduk desa sekitar.

Peresmian pasar kaget menjadi momen yang sangat berharga bagi desa dan juga inisiator Pasar Kaget Desa Kebon, yaitu mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 yang terjun di Desa Kebon. Tepat pada tanggal 4 Februari 2024, potong pita dilakukan secara resmi oleh Bapak Heru, selaku Sekretaris Desa Kebon di pagi hari. Acara peresmian ini turut diramaikan dengan senam bersama warga serta adanya band musik yang mengiringi kegiatan tersebut.

Pasar Kaget ini diharapkan dapat menjadi stimulan positif bagi perekonomian Desa Kebon serta memperkokoh kebersamaan antar warga. Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, pemerintah setempat, dan mahasiswa KKN, pasar kaget Desa Kebon diyakini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi banyak orang.



Editor:
Achmad Munandar