Pemadanan NIK dan NPWP, Ga Ribet dan Bisa Online! Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Tata Cara Pemadanan NIK menjadi NPWP di Kantor Desa Ketoyan

Pemadanan NIK dan NPWP, Ga Ribet dan Bisa Online! Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Tata Cara Pemadanan NIK menjadi NPWP di Kantor Desa Ketoyan

 


wirausahanesia.comDesa Ketoyan (29/01/24) - Hingga saat ini, banyak terjadi perubahan dan perkembangan dalam peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Perubahan yang signifikan terjadi dalam sistem perpajakan di Indonesia, yaitu pemadanan NIK menjadi NPWP bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (OP). NPWP sendiri merupakan identitas atau tanda pengenal bagi wajib pajak yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Dengan adanya perubahan ini, salah satu program monodisiplin mahasiswa KKN adalah “Pemberian Banner Edukasi Tata Cara Pemadanan NIK menjadi NPWP”. Hal ini menjadi upaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat Desa Ketoyan terkait tata cara pemadanan NIK menjadi NPWP.

Program ini dilaksanakan di Kantor Desa Ketoyan pada hari Senin, 29 Januari 2024. Penyerahan Banner diberikan kepada Kepala Desa Ketoyan, Ibu Wakidatun dan selanjutnya diletakkan di Kantor Desa Ketoyan agar mudah dilihat oleh warga desa.

 

Program pemberian banner edukasi ini merupakan upaya untuk memudahkan akses masyarakat terkait tata cara dan membantu masyarakat agar tetap memperoleh hak mereka sebagai wajib pajak. Harapannya, melalui program ini masyarakat dapat selalu menjadi masyarakat yang taat dengan aturan dan kewajiban perpajakan.



Penulis:
Andrea Alamsyah

Fakultas / Prodi: 
Fakultas Ekonomika dan Bisnis / Akuntansi

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ulfah Amalia., S.Pi., M.Si., Ph.D

Lokasi: 
Desa Ketoyan, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali

KKN TIM I UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar