Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini di Desa Manisharjo oleh TIM 1 KKN Undip 2024

Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini di Desa Manisharjo oleh TIM 1 KKN Undip 2024

 


wirausahanesia.comMenabung merupakan suatu kegiatan yang memiliki dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Tim I KKN Undip merasa penting untuk memberikan pemahaman tentang arti penting menabung sejak dini kepada generasi muda, khususnya siswa MI kelas 5 di Desa Manisharjo. Dengan memberikan edukasi tersebut, diharapkan masyarakat desa dapat memahami dan menerapkan kebiasaan menabung dalam kehidupan sehari-hari.

Program sosialisasi yang dilakukan oleh Tim I KKN Undip tidak hanya berfokus pada penyampaian teori, namun juga melibatkan metode yang interaktif dan menarik bagi siswa. Beberapa metode seperti memberikan pelatihan praktis tentang cara menabung, pengelolaan uang saku, dan menciptakan rencana tabungan sederhana. Hal ini bertujuan agar siswa dapat langsung mempraktikkan ilmu yang didapat


Setelah selesai Sosialisasi, Mahasiswa KKN Undip Tim 1 memberikan celengan dan melakukan kegiatan menghias celengan bersama agar siswa dapat semangat melakukan kegiatan menabung. Dengan program sosialisasi ini, Tim I KKN Undip berharap dapat menciptakan dampak positif dalam jangka panjang. Diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat desa, menginspirasi teman-teman sebayanya, dan membantu mewujudkan generasi yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan pribadi.



Penulis: 
Anastasya Aslam Chairunnisaa
Mahasiswa D4 Manajemen dan Administrasi Logistik

DPL: 
dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med, Ph.D

Editor:
Achmad Munandar