Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Ternak : Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Berperan dalam Pendampingan Perbaikan dan Pemeliharaan Mesin Pencacah Rumput di Desa Salamrejo, Kabupaten Temanggung

Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Ternak : Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Berperan dalam Pendampingan Perbaikan dan Pemeliharaan Mesin Pencacah Rumput di Desa Salamrejo, Kabupaten Temanggung

 

wirausahanesia.comAkbar Ramadhan dari Program Studi Rekayasa Perancangan Mekanik Fakultas Sekolah Vokasi Bersama KKN TIM I UNDIP mengambil langkah proaktif dengan melakukan pendampingan perbaikan dan pemeliharaan mesin pencacah rumput guna meningkatkan kualitas ternak dan efisiensi operasional. Mesin pencacah rumput menjadi aset berharga bagi peternak di desa tersebut, namun, untuk mengoptimalkan kinerjanya, perlu dilakukan beberapa perbaikan dan peningkatan. Salah satu langkah kunci adalah menambahkan pisau cacah dan cover bawah pada mesin.

Dengan menambahkan pisau cacah yang tepat, efisiensi pemotongan rumput dapat ditingkatkan, menghemat waktu dan tenaga peternak serta memastikan rumput dicacah menjadi ukuran yang sesuai untuk pakan ternak. Penggunaan cover bawah juga memiliki manfaat penting, melindungi mesin dari kerusakan dan membantu mengarahkan rumput yang telah dicacah ke tempat penampungan dengan lebih efisien.

Pendampingan perbaikan dan pemeliharaan mesin pencacah rumput juga memberdayakan peternak dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merawat mesin mereka sendiri di masa mendatang. Dengan demikian, peternak dapat melakukan pemeliharaan rutin, mendiagnosis masalah kecil, dan melakukan perbaikan sederhana sendiri, mengurangi ketergantungan pada teknisi eksternal.

Peningkatan kinerja mesin pencacah rumput langsung berdampak pada kualitas pakan ternak, meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Kontribusi Akbar Ramadhan, seorang mahasiswa yang berperan sebagai pendamping, sangat berarti dalam melakukan perbaikan dan pemeliharaan mesin. Keberadaannya membawa inspirasi tambahan bagi peternak di Desa Salamrejo.

Melalui pendampingan ini, Desa Salamrejo tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional peternakan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan peternak dan kualitas hidup ternak mereka. Hal ini menunjukkan bagaimana inovasi sederhana dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam komunitas peternak lokal.



Editor:
Achmad Munandar