Membuat Masa Depan Cerah : Tingkatkan Minat Pendidikan di Desa Mangli Bersama KKN Tim 1 UNDIP Melalui Pendataan Anak Tidak Sekolah

Membuat Masa Depan Cerah : Tingkatkan Minat Pendidikan di Desa Mangli Bersama KKN Tim 1 UNDIP Melalui Pendataan Anak Tidak Sekolah




wirausahanesia.com - Desa Mangli, Kecamatan Randudongkal (30/01/24) - Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan individu dan masyarakat. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengembangkan potensi dirinya, memperoleh pengetahuan dan keterampilan, serta membuka peluang untuk masa depan yang lebih baik. Namun, sayangnya, masih banyak anak yang putus sekolah diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP melakukan survei data Anak Tidak Sekolah (ATS) di Desa Mangli, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Survei ini dilakukan guna mendata adanya anak usia sekolah yang putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan. Kegiatan pendataan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 Januari hingga 1 Februari 2024.

Tujuan program ini adalah untuk melakukan pendataan dan identifikasi terhadap anak usia sekolah dasar yang putus sekolah maupun tidak melanjutkan sekolah. Selain itu, tim juga menyelenggarakan sosialisasi yang masif terkait urgensi pendidikan dasar 9 tahun bagi anak-anak.

Tim KKN melakukan pendataan ini bekerja sama dengan perangkat desa. Data tersebut nantinya akan diserahkan kepada BAPPEDA Pemalang.

Metode yang digunakan adalah meminta data awal Anak Tidak Sekolah kepada Perangkat Desa dan Sekolah Dasar setempat. Selanjutnya, tim melakukan pendataan secara door to door ke rumah warga untuk validasi dan update data.



Setelah melakukan kegiatan survei, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP tidak menemukan kasus baru Anak Tidak Sekolah di Desa Mangli. Data yang diperoleh sudah sinkron dengan data dari BAPPEDA Pemalang. Meski demikian, Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP terus menekankan arti penting pendidikan dasar bagi anak-anak dan orang tua warga dengan memberikan wawasan pentingnya pendidikan serta merealisasikannya menggunakan poster ajakan bersekolah.

Menurut data yang dihimpun, memberikan sosialisasi pada orang tua dan anak-anak mengenai urgensi pendidikan bagi masa depan. Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP menekankan bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang untuk mempersiapkan keterampilan, kemandirian, dan karakter anak.

Siswa sekolah dasar serta orang tua dan guru di Desa Mangli menyadari bahwa pendidikan sejak dini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pondasi perkembangan anak - anak. proses pembelajaran yang dimulai sejak usia dini memainkan peran kunci dalam membentuk kualitas individu dan perkembangan mereka.

Melalui program ini, tim KKN UNDIP berupaya meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan dasar bagi anak di Desa Mangli. Dengan harapan, angka Anak Tidak Sekolah bisa diturunkan dan Pendidikan Dasar di Desa Mangli bisa menyeluruh sampai jenjang yang tinggi.



Penulis: 
Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Desa Mangli 

Lokasi  KKN: 
Desa Mangli, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang

Editor:
Achmad Munandar