Mahasiswi TIM 1 KKN UNDIP Desa Kacepit Mengoptimalkan Dana Desa Melalui Pendampingan RAB Posyandu

Mahasiswi TIM 1 KKN UNDIP Desa Kacepit Mengoptimalkan Dana Desa Melalui Pendampingan RAB Posyandu

 
Pelatihan Perhitungan RAB Gedung Posyandu


wirausahanesia.comKacepit, Temanggung (7/01) – Panduan menyusun RAB ini berisi tentang Pengertian umum RAB dan langkah – langkah perhitungan rab. Panduan ini juga disusun dengan harga barang dan upah pekerja daerah Temanggung terbaru yaitu Tahun 2023, sehingga dapat menjadi acuan harga apabila membutuhkan referensi.

Mahasiswa KKN Tim I Undip 2023/2024 mengedukasikan perangkat desa bagaimana cara merancang anggaran biaya konstruksi sederhana yang baik dan benar dalam pelaksanaan Pembangunan posyandu yang akan dibangun di desa Kacepit, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Kacepit pada Rabu, 31 Januari 2024. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa serta perangkat dan pemerintah desa Kacepit. 

Booklet “Panduan Perhitungan RAB Gedung”

 
 
Penyerahan Output Panduan RAB Gedung

Setelah kegiatan pelatihan selesai Mahasiswa KKN memberikan booklet “Panduan Perhitungan RAB Gedung” kepada Sekretaris Desa yang akan digandakan dan dibagikan ke seluruh perangkat desa.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah wawasan perangkat desa tentang cara menyusun rancangan anggaran biaya suatu pembangunan, sehingga apabila ingin merencanakan suatu pembangunan perangkat desa dapat membandingkan harga apabila membangun rumah dengan cara borongan, yang dimana RAB nya diberikan oleh tukang pemborong.


Penulis: 
Risma Vivi Handayani

Prodi / Fakultas: 
Teknik Sipil / Teknik

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M. Pd.

Editor:
Achmad Munandar