Mahasiswi KKN UNDIP Desa Kacepit Tim 1 2023/2024 Giatkan Penghijauan melalui Pelatihan Biopori

Mahasiswi KKN UNDIP Desa Kacepit Tim 1 2023/2024 Giatkan Penghijauan melalui Pelatihan Biopori

 
Pembuatan Lubang Resapan Biopori

wirausahanesia.comKacepit, Temanggung (7/01) – Biopori adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan lebang resapan. Lubang resapan biopori adalah lubang yang berbentuk tegak lurus. Biasanya lubang biopori berdiameter sekitar 10 hingga 30 cm dan juga tidak mempunyai permukaan tanah air dangkal. Fungsi dari lubang biopori ini adalah untuk mengurangi genangan air saat musim hujan. Dan juga, dengan dibuatnya lubang resapan biopori ini dapat membantu dalam konservasi air tanah agar ketersediaan air tanah akan berlangsung lama.
Poster “Pembuatan Biopori”

 Penyerahan Output Poster Pembuatan Biopori

Pembuatan Biopori ini cocok diterapkan di Desa Kacepit dikarenakan di desa tersebut masih rendahnya pengetahuan warga tentang pentingnya meresapkan air ke dalam tanah.

Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 membuat program kerja “Pelatihan pembuatan biopori dengan pemanfaatan sampah organik” Program kerja ini dilakukan di Dusun Kacepit pada Sabtu, 27 Januari 2024 dihadiri oleh 1 orang warga Dusun Kacepit. 

Pembuatan lubang resapan biopori dilakukan dengan cara melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan titik penempatan lubang biopori. Kemudian proses pengerjaannya dengan melakukan penggalian tanah sedalam 50 cm dengan diameter lubang 10 cm menggunakan alat linggis. Selanjutnya, pipa PVC yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam lubang yang kemudian lubang akan diisi dengan sampah-sampah organik. Kemudian lubang ditutup dengan tutup pipa PVC.


Penulis: 
Risma Vivi Handayani

Prodi / Fakultas
Teknik Sipil / Teknik

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M. Pd.

Editor:
Achmad Munandar