Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Bantu Sukseskan Misi Disdukcapil Temanggung Melalui Program Layanan ‘’Zero Kilometer’’

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Bantu Sukseskan Misi Disdukcapil Temanggung Melalui Program Layanan ‘’Zero Kilometer’’



wirausahanesia.comTemanggung, 7 Februari 2024 - Misi ini terinspirasi dari program revolusioner Dinas Dukcapil Kabupaten Temanggung, "Zero Kilometer", untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, memberikan pelayanan yang terbaik, cepat, dan gratis tanpa biaya, serta lebih dekat dengan masyarakat.  Dalam rangka membantu menyukseskan program Zero Kilometer dan mengabdikan diri kepada masyarakat, KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2024 di Desa Bumiayu melaksanakan Aktivasi Identitas Kependudukan (IKD) dan Penerbitan Jemput Bola Kartu Identitas Anak (KIA). 

Sinergi antara Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro

Tim KKN Undip bersama para perangkat desa dengan sigap membantu warga yang belum memiliki IKD dan KIA, mulai dari proses pendaftaran hingga aktivasi. Tak hanya itu, program ini juga dilaksanakan dengan memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap. 

Gegap Gempita Pelaksanaan Program IKD

Antusiasme warga untuk mendapatkan layanan ini sangat tinggi. Mereka rela mengantre dan menunggu dengan sabar demi layanan pengurusan IKD dan KIA. Program aktivasi IKD kepada masyarakat dilaksanakan di Balai Desa Bumiayu selama 4 hari dengan pembagian jadwal pada masing-masing dusun. Dalam kegiatan ini, warga diminta untuk membawa KTP dan smartphone. Prosedur aktivasi dimulai dari men-download aplikasi IKD, pengisian email, NIK, dan nomor HP warga. 

Selanjutnya adalah menghubungi Admin IKD Disdukcapil Temanggung untuk scan barcode untuk aktivasi akun. Aktivasi IKD dimulai pada hari Selasa, 16 Januari 2024 dan selesai dengan memenuhi target 25% pada Senin, 22 Januari 2024 dengan jumlah total akun yang teraktivasi sebanyak 188 akun. Dengan terpenuhinya target tersebut, Desa Bumiayu memperoleh Aplikasi Pemutakhiran Data Kependudukan (APDK) dari Disdukcapil Kab. Temanggung.  

Penerbitan KIA Melalui Layanan Jemput Bola

Pada hari Sabu, 20 Januari 2024 Disdukcapil Kab. Temanggung melayangkan surat pemberitahuan untuk pengajuan pembuatan KIA yang dikoordinir oleh desa. Prosedur program ini adalah warga mengumpulkan foto (jpeg). Kemudian diupload sekali dalam satu folder bersama surat pengantar dan nominatif pada link gform yang telah disediakan oleh Disdukcapil Kab. Temanggung. Pelaksanaan program Jemput Bola KIA oleh Perangkat Desa Bumiayu dibantu oleh Tim 1 KKN Universitas Diponegoro dimulai pada Selasa, 30 Januari 2024 dan selesai pada Rabu, 7 Februari 2024 dengan Jumlah data sebanyak 53 pemohon.



Apresiasi Kepala Desa Bumiayu

Bapak Suprawata selaku Kepala Desa Bumiayu mengungkapkan rasa terima kasihnya atas program KKN Undip ini. "Program ini sangat membantu kami dalam meningkatkan cakupan kepemilikan IKD dan KIA di desa kami. Terima kasih kepada para mahasiswa Undip yang telah menjadi relawan dan membantu masyarakat kami," tuturnya.


Aksi Nyata KKN Universitas Diponegoro Untuk Masyarakat

Ini merupakan bukti nyata pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Mereka tak hanya menimba ilmu di bangku perkuliahan, tetapi juga turun tangan langsung untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.



Editor:
Achmad Munandar