Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2023/2024 Berdayakan Desa Legoksari “Modul Mitigasi Kekeringan Siap Diterapkan”

Mahasiswa KKN UNDIP Tim I 2023/2024 Berdayakan Desa Legoksari “Modul Mitigasi Kekeringan Siap Diterapkan”

 
Serah terima Modul Mitigasi Bencana Kekeringan dibuat oleh Anggita Dwi Wardani, 
Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 dengan Sekretaris Desa Legoksari

wirausahanesia.comDesa Legoksari merupakan wilayah pedesaan yang terletak di Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung. Desa Legoksari terletak di wilayah yang rentan terhadap kekeringan, dipengaruhi oleh fenomena El-Nino dalam beberapa tahun terakhir. 

Anggita Dwi Wardani, salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 dengan melihat permasalahan yang ada di Desa Legoksari, berinisiatif untuk membuat Modul Mitigasi Bencana Kekeringan dalam upaya pengelolaan risiko bencana kekeringan di tingkat lokal.
Pembuatan modul ini dimulai dengan kajian mendalam terkait faktor-faktor yang menyebabkan kekeringan dan dampaknya pada masyarakat desa. Dalam upaya mengumpulkan data yang akurat dan relevan dilakukan melalui observasi lingkungan, wawancara penduduk desa dan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait. Modul mitigasi bencana kekeringan yang dihasilkan mencakup pedahuluan, pengelolaan bencana terpadu, penanggulangan bencana dan penutup.

Langkah selanjutnya melibatkan sosialisasi modul kepada perangkat desa. Para tokoh masyarakat setempat menjadi ujung tombak dalam menyebarluaskan informasi dan memotivasi warga untuk bersama-sama mengimplementasikan modul tersebut. 

Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 berharap, melalui pembuatan modul mitigasi bencana kekeringan ini, masyarakat desa tidak hanya mampu mengatasi tantangan kekeringan secara lebih efektif, tetapi juga meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam lainnya. 

Inisiatif ini menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana kolaborasi antara pemerintah lokal dan warga dapat menciptakan solusi yang berkelanjutan dan mendukung perkembangan komunitas. Desa Legoksari membuktikan bahwa pencegahan dan mitigasi bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi komitmen bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih aman dan berkelanjutan.




Editor:
Achmad Munandar