Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Metode Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Batang Napier di MI Nurul Islam Salamrejo

Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Metode Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Batang Napier di MI Nurul Islam Salamrejo

 
Pengenalan Metode Pembelajaran Matematika 
menggunakan Alat Peraga Batang Napier 
kepada Murid Kelas V MI Nurul Islam Salamrejo (18/01/2024) 
Sumber: Dokumentasi Pribadi


wirausahanesia.comMahasiswa KKN Tim I Undip, Fadilla Fortuna dari Prodi Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja “Pengenalan Metode Pembelajaran Matematika menggunakan Alat Peraga Batang Napier” kepada Murid Kelas V MI Nurul Islam Salamrejo. Pelaksanaan program ini didukung oleh seluruh guru di sekolah dalam rangka pengoptimalan pembelajaran matematika di sekolah.

Pengenalan metode pembelajaran matematika menggunakan batang napier bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mempermudah murid dalam mengerjakan soal perkalian matematika. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Januari 2024 di MI Nurul Islam Salamrejo dengan kelompok sasaran murid kelas V.  Program ini diselenggarakan sebagai respons terhadap keluhan yang disampaikan oleh guru-guru di MI Nurul Islam Salamrejo terkait kurang efektifnya pembelajaran matematika yang ada di sekolah. 

Murid agak sulit memahami metode pembelajaran yang ada di buku dan cenderung tidak mau mengikuti pembelajaran lebih lanjut jika materi yang disampaikan kurang menarik. Maka dari itu, Fadilla Fortuna membuat program ini sebagai gerakan tindak lanjut dari keluhan yang diterima.

Metode yang digunakan dalam pengenalan metode ini adalah pemaparan materi mengenai metode alat peraga batang napier, pemberian contoh soal dan penggunaan alat peraga batang napier, serta games soal matematika. Pelaksanaan program berjalan dengan sangat baik, para murid kelas V sangat antusias dalam mengerjakan soal yang diberikan dan dapat memahami dengan baik penggunaan alat peraga batang napier. Setelah dilaksanakan pengenalan metode pembelajaran menggunakan batang napier, Fadilla Fortuna memberikan modul kepada wali kelas V sebagai pelengkap untuk pemahaman pembelajaran murid di sekolah.

Program pengenalan metode pembelajaran ini diharapakan dapat menunjang murid-murid dalam memahami mata pelajaran matematika, sehingga nantinya murid di MI Nurul Islam Salamrejo dapat lebih baik dalam pengoptimalan pembelajaran Matematika di sekolah.



Editor:
Achmad Munandar