Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Memanfaatkan Keterampilan Microsoft Excel dalam Pembuatan Informasi Visual Demografi Kependudukan Berbentuk Piramida Penduduk Bersama Perangkat Desa Ngaditirto

Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Memanfaatkan Keterampilan Microsoft Excel dalam Pembuatan Informasi Visual Demografi Kependudukan Berbentuk Piramida Penduduk Bersama Perangkat Desa Ngaditirto

 




wirausahanesia.com - Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (31/01/2024) - Mahasiswa KKN Tim I UNDIP mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan perangkat Desa Ngaditirto, khususnya Kepala Seksi Pemerintahan, Ibu Ella, dalam mengolah data kependudukan berbentuk piramida penduduk menjadi lebih mudah dipahami menggunakan Microsoft Excel. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membekali perangkat Desa Ngaditirto dengan kemampuan membuat informasi visual demografi penduduk dalam bentuk piramida dengan Microsoft Excel. 

Program pelatihan diawali dengan penyusunan modul terkait pembuatan visual informasi demografi penduduk dalam bentuk piramida penduduk. Materi kemudian disampaikan dan dipraktikkan langsung di Balai Desa Ngaditirto pada pukul 11:00 WIB menggunakan Microsoft Excel oleh mahasiswa KKN Tim I UNDIP kepada Kepala Seksi Pemerintahan Desa Ngaditirto, Ibu Ella. Penggunaan Microsoft Excel dipilih sebagai platform karena aksesibilitasnya yang luas dan kesesuaian untuk mentransformasi, menganalisis, dan memvisualisasikan data kependudukan. 

Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberdayakan perangkat Desa Ngaditirto melalui teknologi untuk mencapai dampak sosial yang positif dan pemerataan secara nasional. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk memberikan keterampilan kepada perangkat Desa Ngaditirto yang diperlukan untuk bekerja dengan data kependudukan dan membuat representasi visual, seperti piramida penduduk, untuk membantu proses pengambilan keputusan dan perencanaan di Desa Ngaditirto.

Sesi pelatihan ini berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya literasi data dan nilai inisiatif yang bertujuan membekali individu dan komunitas dengan keterampilan dan alat yang diperlukan untuk bekerja dengan data secara efektif. Ketika dunia semakin didorong oleh data, upaya untuk meningkatkan literasi data dan memberdayakan individu dan komunitas dengan keterampilan data menjadi lebih penting dari sebelumnya.



Penulis:
Ardika Sakti Ramadhani
(Matematika - Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing :
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar