Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berdayakan Remaja Desa Ngaditirto dengan Melaksanakan Pelatihan Dasar Microsoft Word dan Microsoft Excel Berbasis Matematika

Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Berdayakan Remaja Desa Ngaditirto dengan Melaksanakan Pelatihan Dasar Microsoft Word dan Microsoft Excel Berbasis Matematika

 


wirausahanesia.comDesa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (31/01/2024) -Dalam inisiatif terobosan untuk menjembatani kesenjangan digitalisasi komputer, mahasiswa KKN Tim I UNDIP telah memulai program pelatihan unik yang menggabungkan matematika dan literasi komputer. Pada pukul 19:16 WIB di Posko KKN Tim I Desa Ngaditirto , mahasiswa KKN Tim I UNDIP menyelenggarakan program inovatif yang bertujuan untuk memperkenalkan kecerdasan komputerisasi melalui Pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel Berbasis Matematika kepada remaja Desa Ngaditirto.

Program ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya digitalisasi baik di lingkungan rumah maupun sekolah, dirancang untuk membekali generasi muda desa dengan keterampilan penting yang tidak hanya akan meningkatkan kinerja akademis mereka tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi era digital. Pelatihan diawali dengan mempersiapkan modul-modul terkait materi pelatihan dasar Microsoft Word dan Microsoft Excel berbasis matematika, yang kemudian mahasiswa presentasikan kepada para remaja tersebut.
Keberhasilan program ini tidak lepas dari kerja sama kelompok Mahasiswa KKN Tim I UNDIP dengan masyarakat setempat yang menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan literasi digital generasi muda Desa Ngaditirto. Program pelatihan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk mempromosikan inklusi digital dan memberdayakan masyarakat dengan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di era digital.

Program pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa tetapi juga bagi masyarakat desa secara keseluruhan. Dengan membekali generasi muda dengan keterampilan digital yang penting, desa akan memiliki posisi yang lebih baik dalam memanfaatkan peluang yang ada di era digital, seperti pembelajaran jarak jauh, telecommuting, dan e-commerce.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan program ini, program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan masyarakat Desa Ngaditirto, khususnya kaum muda, yang akan lebih siap menghadapi era digital dan memanfaatkan peluang yang ada. Program ini merupakan contoh cemerlang bagaimana kolaborasi, inovasi, dan komitmen terhadap inklusi digital dapat mengubah kehidupan mereka yang paling membutuhkan.



Penulis:
Ardika Sakti Ramadhani
(Matematika - Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing :
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar