Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Bekerjasama dengan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Temanggung Melaksanakan Program “Zero Kilometer” di Desa Ngaditirto

Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Bekerjasama dengan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Temanggung Melaksanakan Program “Zero Kilometer” di Desa Ngaditirto



wirausahanesia.comDesa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (06/02/2024) - Program “Zero Kilometer” merupakan program dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Tim I UNDIP. Program ini memiliki kegiatan berupa pengecekan kelengkapan data warga dan melakukan pendampingan pembuatan akun Identitas Kependudukan Digital (IKD) warga desa. Sasaran kegiatan ini adalah warga Desa Ngaditirto dan pelaksanaannya dimulai pada tanggal 15 Januari 2024 sampai 6 Februari 2024. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Ngaditirto maupun kediaman kepala dusun setempat di Desa Ngaditirto.

Inisiatif tersebut dipicu karena belum lengkapnya data kependudukan dan pendampingan pembuatan akun IKD, serta target Dukcapil sebesar 25% dari total penduduk Desa Ngaditirto. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi pentingnya program “Zero Kilometer” dari Dukcapil kepada perwakilan mahasiswa KKN masing-masing desa di Kabupaten Temanggung. Program ini bertujuan untuk memenuhi produksi IKD, akta kelahiran, dan e-KTP di setiap desa.

Target yang dicapai selama ini antara lain pemenuhan akta kelahiran yang segera diproses, dan e-KTP yang masih terkendala satu orang karena berada di luar pulau. Selain itu, target IKD sebesar 25% di Desa Ngaditirto juga telah terpenuhi, dengan jumlah orang yang terdaftar hingga masa pelaksanaan kegiatan mencapai 390 orang. Program “Zero Kilometer” dapat berjalan dengan baik karena kolaborasi antara mahasiswa KKN Tim I UNDIP, perangkat Desa Ngaditirto, dan masyarakat setempat. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dengan menyediakan data kependudukan yang lengkap dan akurat serta membantu mereka dalam pembuatan akun IKD. 

Inisiatif ini merupakan bukti pentingnya membekali masyarakat lokal dengan keterampilan dan alat yang diperlukan untuk bekerja dengan data secara efektif. Ketika dunia semakin didorong oleh data, inisiatif seperti ini memainkan peran penting dalam memastikan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan data yang tersedia bagi mereka semaksimal mungkin. Mahasiswa KKN Tim I UNDIP dan DUKCAPIL patut diapresiasi atas upayanya dalam mengatasi kekurangan data kependudukan yang lengkap dan membantu masyarakat setempat dalam pembuatan akun IKD. 


Penulis:
Mahasiswa KKN Tim I UNDIP 2024 Desa Ngaditirto
1. Ardika Sakti Ramadhani
(Matematika – Fakultas Sains dan Matematika)
2. Faiza Fadhila E. Pribadi
(Kesehatan Masyarakat – Fakultas Kesehatan Masyarakat)
3. Medhi Gunawan Priyo Utomo
(Peternakan – Fakultas Peternakan dan Pertanian)
4. Siti Nur Khodizah
(Teknik Sipil – Fakultas Teknik)
5. Tiara Amaliyah Fitri
(Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Dosen Pembimbing :
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar