Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pakan Komplit (Complete Feed) dengan Memanfaatkan Bahan Pakan Lokal dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Ternak Domba di Desa Ngaditirto

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pakan Komplit (Complete Feed) dengan Memanfaatkan Bahan Pakan Lokal dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Ternak Domba di Desa Ngaditirto

 




wirausahanesia.com - Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (04/02/2024) – Desa Ngaditirto merupakan desa yang sebagian penduduknya bekerja sebagai petani dan peternak. Peternakan yang ada di Desa Ngaditirto sangat berpotensi untuk dikembangkan karena didukung dengan keadaan iklim yang mendukung untuk segala jenis ternak. Komoditas ternak yang banyak dikembangkan di Desa Ngaditirto adalah ternak domba. Akan tetapi masih banyak peternak yang hanya memberikan hewan ternaknya dengan rumput saja sehingga hewan ternak tidak memiliki pertumbuhan yang maksimal sehingga sering tidak tercapai target produksi. 

Selain itu adanya beberpa UMKM yang ada di Desa Ngaditirto yang menghasilkan limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai pakan ternak perlu dimaksimlakan sehiangga dapat membuat masyarakat dalam memperoleh bahan pakan untuk dijadikan pakan tambahan pada ternaknya.  Salah satunya adalah singkong yang sangat banyak dimanfaatkan dalam pembuatan produk UMKM yang ada di Desa Ngaditirto. Pembuatan produk olahan singkong meninggalkan beberapa sisa seperti kulit singkong yang dapat dijadikan sebagai pakan tambahan ternak domba.

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan kegiatan berupa pelatihan pembuatan pakan komplit yang dapat meningkatkan nilai gizi pakan ternak. Pakan komplit adalah suatu teknologi formulasi pakan yang mencampur semua bahan pakan yang terdiri dari hijauan dan atau ditambah limbah pertanian dan konsentrat yang dicampur menjadi satu. Dengan pemberian pakan komplit, lebih praktis dan sangat menghemat tenaga kerja serta petani tidak perlu lagi setiap hari mencari rumput.

Pelatihan pembuatan pakan komplit yang dilakukan dengan melakukan formulasi ransum terlebih dahulu dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar wilayah Desa Ngaditirto. Ransum dibuat dengan mengkombinasikan konsesntrat dengan hijauan 30 : 70. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan konsesntrat berupa bekatul, pollard, CGF, molases, kulit singkong, ampas tahu, dan bungkil sawit sedangkan hijauan yang digunakan berupa rumput gajah.

Pelatihan ini dilakukan dengan harapan masyarakat Desa Ngaditirto yang bekerja sebagai peternak dapat memanfaatkan sisa produksi pangan dari UMKM yang ada di Desa Ngaditirto menjadi pakan tambahan domba. Pakan komplit yang dibuat diharapkan mampu menjadi pakan yang dapat meningkatkan produktivitas ternak domba yang dipelihara masyarakat Desa Ngaditirto sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak.



Penulis: 
Medhi Gunawan Priyo Utomo
(Peternakan – Fakultas Peternakan dan Pertanian)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar