Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pembinaan Pemeliharaan Bangunan Kayu Untuk Menjaga Estetika dan Ketahanan Bangunan Kayu di Desa Ngaditirto

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pembinaan Pemeliharaan Bangunan Kayu Untuk Menjaga Estetika dan Ketahanan Bangunan Kayu di Desa Ngaditirto

 

wirausahanesia.comDesa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (25/01/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan sosialisasi dan pembinaan mengenai pemeliharaan bangunan kayu. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat banyaknya bangunan yang terdiri dari struktur kayu yang merupakan merupakan bahan yang ramah lingkungan karena dapat diproduksi dengan cara siklus tanam yang merupakan kekayaan alam yang tidak ada habisnya bila dikelola dengan baik (renewable resources).


Selain mudah dicari, material kayu juga cenderung lebih muran dibandingkan material beton. Kayu juga memiliki nilai estetika yang khas dan unik sehingga di Desa Ngaditirto cukup banyak dimanfaakan untuk dijadikan material dasar struktur bangunan. Dengan bangunan kayu yang cukup umum, mahasiswa KKN Undip melaksanakan pencerdasan dan pembinaan terkait pemeliharaan bangunan kayu sehingga dapat meningkatkan ketahanan bangunan dalam kurun waktu yang lebih lama.

Partisipasi mahasiswa KKN Undip dalam pembinaan ini tidak hanya memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pemeliharaan bangunan kayu, tetapi juga memberikan pencerdasan mengenai tata cara pemeliharaan secara detail yaitu mulai dari pemeliharaan dinding kayu, lantai kayu, hingga perawatan plafon kayu. 

Dengan adanya kegiatan pembinaan pemeliharaan bangunan kayu ini, diharapkan bangunan kayu di Desa Ngaditirto dapat terjaga baik dari segi struktural maupun arsitektural melalui metode yang tepat dan efektif.


Penulis: 
Siti Nur Khodizah
(Teknik Sipil – Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar