Inovasi Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Dalam Pengembangan “Danupayan Siap” Sebagai Website Desa Danupayan

Inovasi Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Dalam Pengembangan “Danupayan Siap” Sebagai Website Desa Danupayan

 
KKN Tim 1 UNDIP desa Danupayan. Jumat, 12 Januari - Rabu, 7 Februari 2024. 


wirausahanesia.comWebsite desa menjadi perhatian banyak pihak dimana semua pihak bisa merasakan manfaat dari adanya website desa tersebut. Mengacu kepada Permendesa No. 19 tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka setiap desa sudah harus memiliki website desa, sebagai sarana transparansi dan akuntabilitas publik pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa.

Program ini dilaksanakan dengan tujuan membantu masyarakat dalam mengikuti seputar informasi perkembangan desa, kegiatan desa, dan mengungkapkan aspirasi untuk desa, baik untuk masyarakat dari dalam desa Danupayan maupun masyarakat dari luar desa Danupayan.

Desa Danupayan memiliki website desa yang dapat diakses melalui laman https://danupayan-bulu.temanggungkab.go.id/. Website yang dimiliki Desa Danupayan masih sangat sederhana dimana informasi didalamnya belum diperbarui secara berkala. Kurangnya informasi kegiatan dan program yang ada di Desa Danupayan menjadi salah satu faktor pelayanan administrasi belum bisa diberikan secara maksimal kepada masyarakat.

Dari permasalahan tersebut diperlukan adanya program pengembangan website Desa Danupayan dengan judul “Danupayan Siap” dengan slogan Siap Melayani, Siap Membantu, & Siap Menjadi Lebih Baik. Pada program pengembangan website Desa Danupayan kali ini informasi akan profil, potensi desa, hingga perangkat desa yang bekerja di Desa Danupayan akan dilengkapi. Dokumentasi-dokumentasi mulai dari kesenian, UMKM, dan kegiatan-kegiatan lainnya akan ditampilkan dan diperbaharui secara berkala.

Program ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Januari sampai 9 Februari 2024. Dimulai dari survey keunggulan desa pada minggu pertama. Proses survey keunggulan meliputi kegiatan warga, UMKM, kesenian, dll dari masing-masing dusun yang terdapat di desa Danupayan. Kemudian pada minggu kedua, melakukan pengecekan website desa serta melakukan input data dari survey yang telah dilakukan. Selanjutnya pada minggu ketiga, melanjutkan menginput data survey dan menambahkan informasi perangkat desa dan profil desa ke dalam website, serta membuat google form untuk wadah aspirasi masyarakat. Pada minggu keempat, melakukan finalisasi dan konfirmasi kepada penanggung jawab perangkat desa, serta tidak lupa juga pembuatan video profil desa.

Melalui program kegiatan ini, diharapkan dapat membantu dan memberikan manfaat kepada masyarakat desa Danupayan untuk bisa mengikuti perkembangan desa dan menyalurkan aspirasi mereka untuk membuat desa Danupayan lebih baik lagi. Serta untuk masyarakat dari luar desa, diharapkan bisa lebih mengenal desa Danupayan.


#KKNUNDIP
#TIM1KKNUNDIP
#P2KKNUNDIP

Dosen Pembimbing Lapangan:
dr. Anugrah Riansari, M.Kes., Sp.PD