Dalam Rangka Peningkatan Pencerdasan IT dan Digitalisasi di Desa Ngaditirto, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Informasi Efektif Menggunakan Aplikasi Canva

Dalam Rangka Peningkatan Pencerdasan IT dan Digitalisasi di Desa Ngaditirto, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Media Informasi Efektif Menggunakan Aplikasi Canva

 



wirausahanesia.com - Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (29/01/2024) – Pesatnya kemajuan teknologi meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pekerjaan di berbagai bidang, salah satunya pada bidang komunikasi. Persebaran informasi di masa kini dapat berjalan dengan sangat mudah dan cepat. Media digital adalah salah satu media informasi yang mudah beredar saat ini. Hanya dengan mengunggah atau menyebarkannya melalui media social, maka informasi sudah tersampaikan ke banyak orang. Selain itu, sekarang ini sudah banyak alat bantu yang dapat mempermudah pembuatan desain media informasi, salah satunya adalah Canva.

Di Desa Ngaditirto, persebaran informasi sebagian besar masih menggunakan media cetak yang disebarkan secara manual atau informasi dalam bentuk yang disebarkan melalui Whatsapp, hal ini disebabkan oleh pencerdasan IT dan digitalisasi yang dinilai masih kurang terutama bagi perangkat desa.

Oleh karena itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan berupa pelatihan pembuatan media informasi efektif melalui aplikasi Canva kepada perangkat Desa Ngaditirto dengan harapan setelah pelatihan ini para perangkat sudah bisa membuat media informasi efektif dengan desain yang rapi dan menarik sehingga warga dapat lebih memahami informasi yang disampaikan.




Penulis: 
Faiza Fadhila. E. Pribadi
(Kesehatan Masyarakat – Fakultas Kesehatan Masyarakat)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar