Dalam Rangka Peningkatan Pencerdasan IT dan Digitalisasi di Desa Ngaditirto dalam Sektor Pembangunan, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pelatihan Software AutoCAD

Dalam Rangka Peningkatan Pencerdasan IT dan Digitalisasi di Desa Ngaditirto dalam Sektor Pembangunan, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Melaksanakan Pelatihan Software AutoCAD

 



wirausahanesia.com - Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung (29/01/2024) – Pesatnya kemajuan teknologi meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pekerjaan di berbagai sektor industri, salah satunya konstruksi. Dalam perencanaan di bidang konstruksi saat ini telah berkembang dengan hadirnya banyak aplikasi, salah satunya adalah AutoCAD yang merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat gambar dua dimensi dan tiga dimensi. Dengan penggunaan AutoCAD, pembuatan gambar teknis menjadi lebih cepat, efisien, serta lebih teliti sehingga mengoptimalkan perencanaan infrastruktur.

Selama keberlangsungan pembangunan di Desa Ngaditirto, diketahui bahwa penggambaran sketsa desain suatu infrastruktur umumnya masih digambar secara manual atau mencari bantuan dari pihak luar. Hal ini dikarenakan pencerdasan IT dan digitalisasi yang dinilai masih kurang terutama bagi perangkat desa.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan berupa pelatihan AutoCAD kepada salah satu perangkat desa yang bertanggung jawab di bagian pembangunan desa. Pelatihan ini dilaksanakan dengan harapan dapat membantu dan mempermudah perencanaan desain infrastruktur desa sehingga keberjalanannya menjadi lebih efisien. Selain itu, melalui pelatihan AutoCAD juga diharapkan dapat menjadi ilmu baru yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga Desa Ngaditirto dapat mengikuti perkembangan teknologi dan menjadi desa yang maju.



Penulis: 
Siti Nur Khodizah
(Teknik Sipil – Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing: 
Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM., ASEAN Eng.

Editor:
Achmad Munandar