Cegah Fatality, Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pertolongan Pertama Kecelakaan Rumah Tangga Kepada Ibu-Ibu Kader Kesehatan

Cegah Fatality, Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pertolongan Pertama Kecelakaan Rumah Tangga Kepada Ibu-Ibu Kader Kesehatan

 




wirausahanesia.com - Temanggung (22/01/2024) – Desa Bumiayu merupakan salah satu desa yang menjadi tujuan lokasi KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2024. Desa Bumiayu memiliki kader kesehatan sejumlah 27 orang dan bidan 1 orang yang terdiri dari 7 dusun. Berdasarkan hasil survei dan wawancara, masyarakat desa masih banyak yang awam terkait pertolongan pertama yang baik dan benar. Beberapa kasus yang sering terjadi adalah kecelakaan rumah tangga seperti mimisan, luka tusuk, dan luka bakar akibat cipratan minyak panas. Terdapat pula beberapa kasus luka tusuk yang menyebabkan warga menderita Tetanus dan menyebabkan kasus fatality. Sehingga diperlukan tindakan edukasi pertolongan pertama dalam kecelakaan rumah tangga. 

Oleh karena itu, salah seorang mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan monodisiplin dengan memberikan sosialisasi dan praktik pertolongan pertama kecelakaan rumah tangga (mimisan, luka tusuk, dan luka bakar cipratan minyak panas). Kegiatan dilaksanakan dalam acara pertemuan kader kesehatan di Balai Desa Bumiayu pada tanggal 22 Januari 2024. 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa memberikan edukasi dan praktik mengenai jenis-jenis luka, pertolongan pertama mimisan, pertolongan pertama luka tusuk, dan pertolongan pertama luka bakar serta memberikan penjelasan penyebabnya. Saat melakukan kegiatan, mahasiswa menggunakan modul yang dibagikan kepada ibu-ibu kader, penggunaan power point, dan penayangan contoh video pertolongan pertama. 

Dalam kegiatan ini, ibu-ibu kader sangat antusias untuk mendengarkan penjelasan dan melakukan praktik pertolongan yang benar yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan antusias dalam melakukan mengikuti praktik. Besar harapan mahasiswa kepada ibu-ibu kader kesehatan dapat menyerap ilmu dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta mampu menyebarkan atau mengedukasi kepada warga lain agar dapat melakukan pertolongan pertama dengan baik dan benar guna mengurangi keparahan akibat kecelakaan yang terjadi. 




Penulis : 
Putri Nita Sufiani
Fakultas Kesehatan Masyarakat

DPL: 
Dr. Drs. Suroto, M.Pd.

Lokasi KKN: 
Desa Bumiayu, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung

KKN TIM 1 UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar