“Keuangan Nggak Dicatat, Emang Nggak Takut Rugi?” Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Pendampingan Dan Pelatihan Pembukuan Akuntansi Keuangan Menggunakan Excel

“Keuangan Nggak Dicatat, Emang Nggak Takut Rugi?” Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Pendampingan Dan Pelatihan Pembukuan Akuntansi Keuangan Menggunakan Excel




wirausahanesia.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan pembukuan akuntansi keuangan menggunakan excel oleh Ardian Purbo Pangestu dari jurusan D4 Akuntansi Perpajakan kepada salah satu pengusaha dagang pakaian di Desa Pajomblangan, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan pada hari Rabu, 24 Juli 2024.

Pembukuan akuntansi keuangan adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu kegiatan berwirausaha. Pembukuan ini bertujuan untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat dan lengkap, yang mana nantinya laporan keuangan ini menjadi perhitungan bagi pemilik usaha untuk menentukan laba atau rugi yang diperoleh.

Berdasarkan survei dan wawancara yang dilakukan pada salah satu pedagang pakaian online, pencatatan transaksi tidak dilakukan setiap hari akan tetapi pencatatan penjualan dan pembelian barang dari supplyer terbilang lengkap karena digunakan untuk melaporkan barang yang diterima dari supplyer tersebut. Pencatatan transaksi yang kurang lengkap tidak dapat menentukan laba rugi yang sesungguhnya. Selain itu, pencatatan keuangan yang masih menggunakan cara manual dapat terjadi kemungkinan salah perhitungan atau salah catat.
 







Maka dari itu Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan pendampingan dan pelatihan pembukuan akuntansi keuangan menggunakan excel. Program ini bertujuan untuk membantu salah satu pengusaha dagang online guna menentukan laba rugi dan pengenalan penggunaan aplikasi excel untuk memudahkan kegiatan usahanya. Program ini berlangsung sekitar dua minggu karena pengumpulan data yang kurang lengkap dan pemindahan data ke excel perlu waktu yang cukup lama.

Dengan adanya pendampingan dan pelatihan digitalisasi pembukuan ini diharapkan dapat membantu pengusaha di Desa Pajomblangan dalam membuat pembukuan keuangan usaha yang dimiliki. Sehingga dapat memudahkan proses pencatatan keuangan serta mengetahui dengan jelas keuntungan dan kerugian usahanya.



Editor:
Achmad Munandar