Tingkatkan Potensi Hasil Usaha UMKM Di Gumawang Tim II KKN UNDIP Melakukan Giat Penguatan Daya Saing Dengan Cara Branding Dalam Pemasaran Hasil Budidaya

Tingkatkan Potensi Hasil Usaha UMKM Di Gumawang Tim II KKN UNDIP Melakukan Giat Penguatan Daya Saing Dengan Cara Branding Dalam Pemasaran Hasil Budidaya




wirausahanesia.com - Bernardus Dick Bramantio, mahasiswa Program Studi Perikanan Tangkap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tergabung dalam KKN TIM II UNDIP mengadakan program kerja inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan potensi hasil usaha UMKM di Gumawang melalui program “Penguatan Daya Saing dengan cara Branding dalam Pemasaran Hasil Pengolahan Budidaya”. 

Program ini melibatkan perwakilan pelaku usaha UMKM dan juga ibu rumah tangga di Kelurahan Gumawang, Kabupaten Pekalongan. Program dilakukan dengan cara melakukan pencerdasan berupa digitalisasi pada proses pemasaran hasil budidaya. Output yang tercapai adalah penyerahan leaflet dengan bingkai kepada perwakilan audiens yang menjadi sasaran program dilanjutkan dengan pembuatan upgrading usaha melalui platform digital seperti GoogleMaps.

Kegiatan ini terlaksana pada hari Kamis, 25 Juli 2024, dengan luaran yang telah disebutkan berupa leaflet berbingkai serta upgrading usaha melalui platform digital yang diserahkan kepada perwakilan audiens sasaran. Mbak Ul, perwakilan dari audiens yang merupakan pelaku usaha juga di Gumawang menanggapi positif akan adanya program ini. Lebih lanjut, Mbak Ul mengatakan, “Program yang menarik ini, karena selama ini di sini (red: Kelurahan Gumawang) pemasaran hasil usaha dilakukan secara konvensional atau dari mulut ke mulut, jadi pembelinya juga orang sini - sini aja. Adanya ini ya kami bisa jadi lebih melek penggunaan platform digital dalam pemasaran, apalagi jaman sekarang kan rame ya, ada banyak medsos yang bisa dipakai, kaya tiktok, instagram, sama yang lain - lain.” 

Tanggapan positif tersebut tentu saja berdampak baik terhadap animo pelaku usaha, dan daya saing mengenai kompetisi pemasaran dapat ditingkatkan bahkan dimaksimalkan, seperti yang diketahui, adanya program ini akan berdampak terhadap meluasnya target market atau sasaran pasar, tidak hanya tertutup pada lingkungan pasar yang ada. Mbak Ul dan audiens lain berharap dengan adanya program ini, UMKM dapat diberdayakan dengan lebih baik dan program dapat terus berjalan tidak hanya di kelurahan Gumawang saja.






Bernardus sebagai pelaksana program kerja menambahkan, ”Di era digital, persaingan umkm cukup ketat dan akan gagal apabila tidak memikirkan strategi branding dan menerapkan cara konvensional. Guna peningkatan daya saing dalam penjualan produk, diperlukan adanya strategi pemasaran yang baik serta pemanfaatan media dan branding secara online.” 

Program ini dilakukan dengan adanya bimbingan teknis mengenai strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan perkembangan zaman yang kemudian didukung dengan pembuatan konten sosial media yang dapat menaikkan “engagement” serta pengaplikasiannya dalam pemasaran melalui berbagai media. Pelaksanaan acara berjalan dengan baik meskipun terdapat kendala karena umur audiens yang variatif sehingga beberapa materi yang disampaikan terkesan kurang relate pada golongan yang memiliki umur relatif tua, tetapi dapat diatasi dengan mengenalkan dan menjelaskan strategi branding secara konvensional sehingga dapat mudah diterima beberapa audiens yang dimaksud. 



Editor:
Achmad Munandar