Tingkatkan Kesadaran Politik, Mahasiswa Undip Gelar Literasi Kreasi Kelembagaan Negara

Tingkatkan Kesadaran Politik, Mahasiswa Undip Gelar Literasi Kreasi Kelembagaan Negara

 
Pengenalan Kelembagaan Negara Melalui 
Literasi Kreasi Pembuatan Struktur Lembaga Negara
pada Siswa Kelas 7 SMPN Bhineka Karya, Boyolali, Rabu (24/07/2024)

wirausahanesia.com - Memahami struktur tata negara merupakan tanggung jawab seluruh warga negara yang perlu dikenalkan sejak dini. Sudah saatnya generasi remaja mengenal politik supaya dapat tumbuh menjadi warga negara yang aktif dan kritis dalam membangun bangsa. Sayangnya masih banyak anak remaja yang kurang memahami fungsi setiap lembaga negara di Indonesia. 

Guna meningkatkan pemahaman para remaja, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berhasil mengenalkan tatanan politik Indonesia pada anak kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan pada 24 Juli 2024 di SMPN Bhineka Karya Kemusu, Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali.

Pengenalan fungsi lembaga negara tersebut direalisasikan melalui program "Literasi Kreasi:  Pembuatan Struktur Kelembagaan Negara." Haura Saffanah Adinda selaku pelaksana program kerja menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarkannya merupakan langkah awal membentuk pendidikan karakter anak sebagai generasi penerus bangsa. Anak remaja yang memahami politik secara mendalam diharapakan mampu mengemukakan pendapat atau ide kreatifnya terkait kondisi politik di masa kini maupun masa depan.


Penjelasan fungsi lembaga negara Indonesia 
pada anak kelas 7 SMPN Bhineka Karya, Boyolali

Konsep program yang diselenggarakan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga semakin antusias untuk mengenal kelembagaan negara. Kegiatan dimulai dengan menjelaskan secara singkat fungsi setiap lembaga negara yang ada di Indonesia dan dilanjutkan dengan pembuatan mading yang berisi materi lembaga negara sesuai kreativitas siswa.

Sebelum kegaitan berakhir, mahasiswa memberikan pertanyaan untuk melatih daya ingat siswa terhadap materi yang telah disampaikan serta memberikan apresiasi berupa hadiah bagi siswa dengan karya mading paling kreatif dan mampu mengingat materi dengan baik.



Penulis: 
Haura Saffanah Adinda

Editor:
Achmad Munandar