Teruskan kemajuan UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Optimalkan Pemasaran Online melalui TikTok Shop

Teruskan kemajuan UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Optimalkan Pemasaran Online melalui TikTok Shop



wirausahanesia.com - Pegundan, Pemalang (24/07/2024) - Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia adalah salah satu komitmen Pemerintah dalam memperkuat perekonomian daerah. UMKM memegang peranan penting sebagai Pondasi Perekonomian Nasional. Dalam membantu perekonomian daerah, Universitas Diponegoro menyongsong tema Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Tahun 2023/2024 adalah Pemberdayaan Masyarakat secara Inklusif Melalui Potensi Unggulan. 

Di Desa Pegundan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang beberapa UMKM masih kurang memperluas media sosial sebagai platform untuk jual beli, salah satunya adalah UMKM TBM Sari Husada – Jahe Merah. Dari hal tersebut Fanny Nurrachmi Hazani, mahasiswa jurusan Akuntansi Perpajakan TIM II KKN UNDIP Tahun 2023/2024 melaksanakan program kerja monodisiplin yakni “Optimalisasi Branding Pemasaran UMKM secara Online” yang telah berhasil dilaksanakan. Bukan tanpa alasan, adanya program kerja monodisiplin tersebut dilaksanakan karena melihat era digitalisasi yang semakin pesat. 

Program ini menggunakan metode pelatihan dan praktik secara langsung yang diawali dengan penyampaian materi tentang pemasaran online, dilanjutkan dengan memberikan booklet yang berisikan tentang panduan tata cara pendaftaran TikTok Shop dan bagaimana cara menggunakannya bersamaan dengan praktiknya.

Dengan program kerja pemasaran online ini, UMKM dapat memperoleh laba penjualan yang lebih melalui media sosial. Tentunya, upaya branding usaha dan pemasaran online ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di Indonesia.



Penulis : 
Fanny Nurrachmi Hazani 
(Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing :  
Faradhina Azzahra, S.T., M.Sc.
Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M
Dr. Drs. Mashudi, SE., MM.
Lokasi KKN:
Desa Pegundan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang

Editor:
Achmad Munandar