Sat Set!! Mahasiswa KKN Management Undip Sosialisasi QRIS Pada UMKM

Sat Set!! Mahasiswa KKN Management Undip Sosialisasi QRIS Pada UMKM




wirausahanesia.com - Dalam rangka program kerja mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2023/2024, Rafly Prasodjo Setiawan dari program studi Management IUP berinisiatif memberikan edukasi pendampingan  digital menggunakan sistem pembayaran online kepada para pelaku UMKM di Desa Suruh, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar. Kegiatan ini difokuskan pada pendampingan penggunaan pembayaran berbasis digital yang diharapkan dapat membantu masyarakat desa, terutama pelaku usaha kecil, dalam mengelola transaksi keuangan mereka. 

Program ini dilaksanakan pada 7 Agustus 2024 dengan melakukan kunjungan secara door to door ke beberapa UMKM guna memperkenalkan penggunaan transaksi melalui digitalisasi berbasis QRIS merupakan standar QR code system pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia. Program ini dibuat karena melihat para pemilik UMKM di Desa Suruh masih banyak yang belum memahami cara melakukan pembayaran  secara digital dan sebagian besar dari mereka masih melakukan pembayaran secara manual menggunakan uang kertas.

Kegiatan program kerja ini dimulai dengan pengenalan dan pendampingan penggunaan pembayaran transaksi berbasiskan QRIS, dimulai dari proses penjelasan apa yang dimaksud QRIS, Benefit penggunaan QRIS bagi pemilik UMKM, manfaat QRIS bagi pembeli serta menjelaskan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat QRIS untuk para pemilik UMKM.

 


Dengan adanya system pembayaran melalui QRIS, pemilik UMKM dapat menghemat waktu dan praktis bahkan dapat mencatat transaksi keuangan, serta mengurangi risiko kesalahan pencatatan keauangan yang masuk ke rekening pemilik UMKM dan menghindari terjadinya uang palsu yang diterima oleh pemilik UMKM. Selanjutnya laporan keuangan yang dihasilkan melalui pembayaran QRIS dapat membantu para pelaku UMKM dalam memantau arus kas secara otomatis dan menjadi lebih sadar akan pentingnya pencatatan keuangan yang teratur dan pembayaran alternative yang semakin beragam.

Alhasil program ini berjalan dengan baik dan kondusif serta memberikan dampak positif bagi para pemilik UMKM. Diharapkan para pelaku UMKM di Desa Suruh dapat lebih mandiri dan bijak dalam mengelola keuangan mereka melalui aplikasi SiApik untuk menuju kesejahteraan yang lebih baik, sehingga terwujud kemajuan transaksi finansial secara digital di Desa Suruh.



Penulis: 
Rafly Prasodjo Setiawan (Managemnt IUP 2020)

DPL: 
Moh. Asadullah Hasan Al Asy’Arie S.H., M.Kn.

Lokasi KKN: 
Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar

Editor:
Achmad Munandar