Reportase Kegiatan Pelatihan Pembuatan Produk Nugget Dengan Olahan Ikan Lele

Reportase Kegiatan Pelatihan Pembuatan Produk Nugget Dengan Olahan Ikan Lele

 


(Sumber: Dokumentasi Penulis 2024)


wirausahanesia.com - Pekalongan (26/7/24) telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan nuggut dari bahan dasar ikan Lele di salah satu rumah warga desa Pajomblangan oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024. Acara ini dadakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai salah satu mencegah stunting. Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 ibu-ibu desa Pajomblangan.

Acara dimulai dengan kegiatan pengajian, setelah itu Ketua Fatayat memperkenalkan mahasiswa yang akan melaksanakan program kerja monodisiplin masing-masing. 

Pelatihan dilakukan oleh Rieska Deviani, Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan angkatan 2021. Dalam kegiatan ini, Rieska Deviani memperkenalkan sebuah produk nuggut yang berbahan dasar ikan lele dan menjelaskan mengenai alat bahan yang diperlukan hingga langkah-langkah pembuatan nuggut Lele.

Setelah melakukan pelatihan mengenai cara pembuatan nuggut Lele, Rieska Deviani melakukan pembagian produk nuggut Lele kepada Ibu dan Anak yang hadir pada kegiatan pelatihan. Pada saat dilakukan pembagian nuggut Lele, Rieska Deviani menampung pertanyaan, saran, dan komentar dari Ibu dan Anak yang telah mengikuti pelatihan. Rieska Deviani menjawa pertanyaan yang diberikan dengan rinci dan kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.






(Sumber: Dokumentasi Penulis 2024)

Kegiatan pelatihan ini berhasil memberikan informasi mengenai inovasi terbaru pengelolaan ikan Lele menjadi olahan nuggut yang dapat dikonsumsi oleh anak. Dalam berjalannya kegiatan para peserta menunjukkan antusiasme dan aktif bertanya mengenai perbandingan resep yang digunakan pada pembuatan nuggut lele. Diharapkan pada kegiatan ini dapat bermanfaat dan diterapkan di rumah untuk meningkatkan kesadaran dan mencegah adanya stunting di masyarakat sekitar.



Editor:
Achmad Munandar