Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga di Kelurahan Lalung

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga di Kelurahan Lalung

 



Kegiatan Pemeriksaan Rutin di Posyandu Lansia Kelurahan Lalung 
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

wirausahanesia.com -Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar (08/08/2024) - Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro melaksanakan serangkaian kegiatan untuk mengajak masyarakat menerapkan kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bertepatan dengan kegiatan Posyandu Lansia di Kelurahan Lalung. Kegiatan ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga di Kelurahan Lalung”. Program PHBS ini merupakan bagian dari program kerja multidisiplin Tim KKN UNDIP. 

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak sekali perubahan dalam tatanan kehidupan sehari-hari salah satunya adalah kebiasaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) di lingkungan masyarakat Kelurahan Lalung. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat sudah mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) dimana ini merupakan kewajiban yang penting dilakukan sebagai upaya peningkatan status kesehatan. 

Dalam rangka upaya preventif atau pencegahan terhadap penyakit yang sering merebak akibat perubahan musim seperti sekarang ini, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro mempunyai isisatif untuk melakukan kegiatan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada masyarakat Kelurahan Lalung. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah program khusus dari pemerintah indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mayarakat indonesia secara keseluruhan. Adapun manfaat dari PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) diantaranya adalah menciptakan keluarga yang sehat serta meminimalisir masalah kesehatan yang akan terjadi di dalam keluarga.

Kegiatan diawali dengan edukasi secara langsung kepada masyarakat melalui poster tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) yang didalamnya berisi pengertian, manfaat serta indikator dari PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) di dalam keluarga. PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) adalah perilaku kesehatan yang dilakukan dengan kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri, keluarga maupun masyarakat sekitarnya. Kegiatan ditutup dengan senam bersama yang diikuti oleh 25  masyarakat Kelurahan Lalung.

 





Pemberian Edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Masyarakat
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Seluruh masyarakat memberikan respon yang positif terhadap program tersebut. Hal itu dapat dilihat dari antusiasme ibu-ibu dan bapak-bapak dalam menanyakan materi serta tips untuk menerapkan PHBS. Masyarakat juga merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Ibu Endar, selaku salah satu kader posyandu lansia juga memberikan respon positif terhadap program ini. Ibu Endar menyatakan, “Dengan adanya program kerja dari mas mba KKN ini, kader posyandu menjadi mengenal lebih dalam terkait pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan membuka pengetahuan masyarakat di Kelurahan Lalung ini mengenai pentingnya menerapkan PHBS.” Masyarakat di Kelurahan Lalung juga berharap kedepannya agar lebih banyak program-program edukasi seperti ini, terutama edukasi yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.


Penulis: 
1. Rayhan Arlistya Pratama
2. Aldi Mulyadi
3. Elita Rizki Santiyani
4. Faneza Putri Anggraini
5. Natasya Olivia Putri Setiawan
6. Dhiya Mazaya
7. Adrianus Satrio LU
8. Anisa Siti Solehah

Dosen Pembimbing Lapangan: 
1. Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.Kn
2. Zaenul Muhlisin, S.Si., M.Si., F.Med.,

Lokasi: 
Dusun Tegalsari, Kelurahan Lalung
Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar 

Editor:
Achmad Munandar