Peluang Usaha Jualan Minuman Saat Karnaval Cuannya Tebal

Peluang Usaha Jualan Minuman Saat Karnaval Cuannya Tebal



wirausahanesia.com - Saat ini trend karnaval atau iring-iringan dalam berbagai acara semakin banyak. Dahulu acara sejenis hanya dilakukan saat acara Haul Ulama atau ulang tahu sekolah dengan mengadakan iring-iringan drum band.

Kini karnaval semakin bervariatif dari drum band, tong thek, parade busana, animatronik atau ogoh-ogoh hingga yang terbaru yaitu sound horeg.

Acara karnaval biasanya juga digelar saat sedekah bumi dan bulan suro, banyaknya penonton dari warga lokal hingga desa sekitar menjadikan acara karnaval peluang bisnis tersendiri bagi para pedagang.

Dari penjual mainan, balon hingga makanan dan tentu saja minuman. Produk minuman saat karnaval sangat laris karena biasanya penonton berdesakan, panas sehingga menciptakan rasa haus.

Varian yang biasa dijajakan juga beragam, dari es teh cup 3.000an, es jeruk cup 5.000an, minuman botol kemasan, air mineral dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa pedagang memilih mendirikan stand, sebagian lagi memilih menjajakan keliling dengan nampan yag diletakkan di kepala.

Sebagai informasi, modal berjualan minuman saat karnaval sangat menguntungkan. Sebut saja air mineral dalam gelas seperti aqua dengan disajikan dingin bisa dijual seharga 1.000 rupiah dengan untung sekitar 500 rupiah, untuk kemasan botol 600 ml harga jual 3.000-5.000 dengan keuntungan 1.000-3.000 per botol.

Tidak kalah menggiurkan minuman kemasan seperti es teh cup, es jeruk cup atau minuman instan lainnya uang dijual 3.000 hingga 5.000 keuntungannya bisa diatas 50 persen.

Dengan peluang ini wajar jika banyak masyarakat yang rela menjadi penjual dadakan ketika ada karnaval, saat bulan-bulan tertentu dimana jadwal karnaval ada di beberapa daerah penjual bisa berjualan dari satu karnaval ke karnaval lainnya.

Selain karnaval, acara pegelaran seni seperti wayang kulit, ketoprak dan musik dangdut juga potensial untuk berjualan apalagi sholawatan yang sering kali jamaah datang dari berbagai daerah.

Kunci sukses berjualan minuman saat karnaval dan acara lainnya adalah sajikan produk minuman yang enak, bersih, sehat dan harga terjangkau. Gunakan produk pemanis gula asli jangan biang gula atau pemanis buatan demi mengejar keuntungan karena akan berdampak pada kesehatan pembeli. Demikian juga perhatikan air yang digunakan, baiknya gunakan air galon yang sudah melewati penyaringan dan sudah direbus agar bakteri di dalamnya mati dan aman dikonsumsi.

Oke sobat wirausahanesia, demikian tadi postingan kita kali ini tentang Jualan Minuman Saat Karnaval Cuannya Tebal, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis:
Achmad Munandar