Pelatihan Kewirausahaan oleh Mahasiswa KKN: Membangun Jiwa Wirausaha Muda

Pelatihan Kewirausahaan oleh Mahasiswa KKN: Membangun Jiwa Wirausaha Muda

 



wirausahanesia.com - Wonogiri (03/08/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan pelatihan untuk Siswa/i SMP dan Karang Taruna di Desa Singodutan. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa mandiri, kreatif, inovatif dari pemuda dan meningkatkan pemberdayaan remaja di Desa Singodutan untuk dapat mencetak pengusaha-pengusaha muda di Desa Singodutan.

Samuel Anthonius Dominic Hutapea yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro, Jurusan Manajemen dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis menggagas program kerja “Find your First Business” untuk Siswa/i SMP dan “The Art of Influence and Marketing Funnel” untuk Karang Taruna. Kegiatan ini berlangsung di SMPN 4 Selogiri dan Aula Kantor Desa Singodutan yang dihadiri oleh Siswa/i SMP kelas 9 dan Karang Taruna tiap-tiap RW yang ada di Desa Singodutan. Pelatihan Kewirausahaan ini disesuaikan dengan umur peserta yang dimulai dengan pengenalan, penanaman jiwa mandiri, sampai pada cara berpikir dan bertindak untuk kreatif dan inovatif di era sekarang. Pelatihan juga tertuju terhadap masalah-masalah peserta saat berjualan atau mau memulai usaha pertamanya.





Pelatihan Kewirausahaan pada hari itu juga dilengkapi dengan pemberian modul tentang bagaimana melakukan penjualan secara Online maupun Offline. Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berharap dengan diadakannya kegiatan ini, Siswa-i SMP dan Karang Taruna dapat lebih kreatif dan inovatif di era digital ini. Besar harapan dengan kegiatan tersebut dapat mencetak pengusaha muda untuk memajukan Desa Singodutan mulai dari usaha sendiri sampai UMKM Desa yang tersedia.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dalam upaya membangun desa secara berkelanjutan, dengan memberdayakan Remaja yang menjadi harapan untuk Bangsa Indonesia dan Desa Singodutan.



Penulis : 
Samuel Anthonius Dominic Hutapea

Prodi : 
S-1 Manajemen

DPL : 
Rully Rahadian, M.Si., Ph.D

Lokasi : 
Desa Singodutan, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri

Editor:
Achmad Munandar