Mudahkan Administrasi dan Layanan Masyarakat, Mahasiswa KKN Undip Gelar Program Aktivasi IKD

Mudahkan Administrasi dan Layanan Masyarakat, Mahasiswa KKN Undip Gelar Program Aktivasi IKD



Penyerahan Banner Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) 
Kepada Sekretaris Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali,
Sabtu (03/08/2024)

wirausahanesia.com - Identitas Kependudukan Digital (IKD) meruapakan KTP-el berbentuk digital yang berisi informasi elektronik untuk mempresentasikan dokumen kependudukan dalam aplikasi melalui smartphone dengan menampilan data pribadi sebagai identitas penggunanya. Sebelum menggunakan IKD, diperlukan aktivasi terlebih dahulu sesuai tata cara yang berlaku.

Berbagai manfaat IKD bagi masyarakat menarik perhatian mahasiswa KKN Undip untuk mengenalkan aplikasi IKD pada masyarakat desa. Pengenalan tersebut direalisasikan melalui program "Sosialisasi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital" kepada ibu - ibu PPK Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali pada 3 Agustus 2024. Materi yang disampaikan mencakup tata cara aktivasi, manfaat, tujuan, serta layanan apa saja yang terdapat dalam aplikasi IKD.


Sosialisasi Penggunaan IKD pada ibu-ibu PPK 
Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali.

Pelaksana Program, Haura Saffanah Adinda mengungkapkan bahwa tujuan dari program kerja tersebut adalah untuk mempermudah warga desa dalam mengakses berbagai layanan dan mempermudah administrasi penduduk, seperti layanan kesehatan, pendidikan, pembayaran pajak hingga BPJS. Selain itu, penggunaan IKD juga mempermudah penyimpanan data - data pribadi masyarakat sebagai antisipasi ketika data fisik mengalami kerusakan ataupun kehilangan.

Selain melakukan sosialiasi, mahasiswa juga memberikan standing banner yang mencakup materi aktivasi IKD dan kegunaan. Standing banner tersebut diletakkan di Balai Desa Guwo sebagai pusat informasi supaya perangkat desa ataupun masyarakat dapat memahami lebih dalam terkait fungsi IKD.

Pasca pelaksanaan proker, mahasiswa memberikan kesempatan bagi warga yang ingin konsultasi atau butuh pengarahan secara langsung dalam melakukan aktivasi IKD. Program tersebut mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat desa dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk kedepannya.



Penulis: 
Haura Saffanah Adinda

Editor:
Achmad Munandar