Menggalakan Konsumsi Ikan! Mahasiswa KKN UNDIP Demonstrasikan Pembuatan Crab Stick Rice Balls ke Ibu Rumah Tangga Desa Langkap

Menggalakan Konsumsi Ikan! Mahasiswa KKN UNDIP Demonstrasikan Pembuatan Crab Stick Rice Balls ke Ibu Rumah Tangga Desa Langkap

 
wirausahanesia.com - Langkap, Pekalongan (30/07/2024). Melihat kurangnya rasa konsumtif terhadap hasil perikanan, maka edukasi dan demonstrasi dilakukan sebagai langkah inisiatif dari salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 (Nabila Faiza Fayi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan) dengan memberikan ide cara pembuatan Crab Stick Rice Balls sebagai bekal anak maupun konsumsi sehari-hari.

Kegiatan demonstrasi ini dilakukan di Balai Desa Langkap dengan sasaran Ibu Rumah Tangga. Adanya demonstrasi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan konsumsi hasil perikanan di Indonesia. Mengingat pentingnya mengkonsumsi ikan, dikarenakan banyaknya kandungan gizi seperti, protein, omega 3, omega 6 yang bermanfaat terutama dalam masa pertumbuhan.

Crab Stick Rice Balls merupakan bola nasi dengan isian stik kepiting berupa makanan praktis dan mudah dibawa yang dapat dimakan saat bepergian, menu ini cocok untuk piknik, perjalanan darat, dan bekal makan siang. Bola nasi juga sering dinikmati sebagai camilan atau lauk saat makan. Selain stik kepiting, isian bola nasi dapat menggunakan lumatan ikan atau bahan lainnya sesuai selera. 

 
Rangkaian kegiatan diawali dengan Sosialisasi Pentingnya PMT Sebagai Pencegahan Stunting yang dilanjutkan demonstrasi pembuatan Crab Stick Rice Balls dan pembagian PMT dari mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Langkap yang berisikan Puding Susu, Jus Buah Naga, Crab Stick Rice Balls beserta Leaflet cara pembuatannya.  

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 30 audiens Ibu Rumah Tangga yang berasal dari dukuh Gumingsir, Blumbang, Langkap dan Legok. Adanya demonstrasi ini diharapkan dapat membuat masyarakat lebih tahu tentang manfaat mengkonsumsi ikan dan bisa lebih mengenal olahan-olahan ikan, selain proses penggorengan.



#kknTIMIIperiode2024 #p2kknundip #lppmundip #undip

Penulis : 
Nabila Faiza Fayi
(Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan – Teknologi Hasil Perikanan)

Dosen Pembimbing : 
MJ Rizqon Hasani, S.Hum.M.I.KOM

Lokasi KKN : 
Desa Langkap, Kecamatan Kedungwuni
Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Editor:
Achmad Munandar