Mendukung UMKM Desa Soroyudan; Pengenalan Penggunaan Pengawet Makanan oleh KKN TIM II Undip

Mendukung UMKM Desa Soroyudan; Pengenalan Penggunaan Pengawet Makanan oleh KKN TIM II Undip

 

Gambar 1. Kegiatan Program Kerja Pengenalan Pengawet Aman di UMKM

wirausahanesia.com - Pengawet merupakan salah satu jenis bahan tambahan pangan yang umum digunakan pada produk pangan olahan untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah kerusakan oleh mikroba. Meskipun seringkali dianggap sebagai suatu senyawa berbahaya oleh masyarakat, pengawet pada umumnya aman digunakan jika jenis yang digunakan aman dan dosisnya sesuai dengan regulasi setempat. Penggunaan pengawet yang sesuai sangat menguntungkan produk pangan, terutama pada makanan atau minuman yang mudah mengalami kerusakan. 

Mekanisme kerja pengawet pangan sangat tergantung pada jenis yang digunakan. Namun, prinsip utama pengawet cenderung sama, yakni menghambat pertumbuhan dan aktivitas mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada produk makanan. Mikroba dapat menyebabkan fermentasi, pengasaman, dan peruraian pada produk pangan sehingga lebih baik ditangani oleh adanya bahan pengawet. Kerusakan produk pangan akibat mikroorganisme sangat merugikan karena makanan tersebut akan bersifat tidak layak dikonsumsi sehingga tidak dapat dijual dan harus dibuang. 

Desa Soroyudan, Kecamatan Tegalrejo, Magelang merupakan salah satu desa yang memiliki beragam UMKM di bidang pangan. Beberapa produk yang diproduksi dan dijual adalah keripik talas, keripik ubi, keripik gula, bakpao, dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar UMKM tersebut belum mengetahui tata cara penggunaan pengawet beserta dengan dosis yang disarankan sesuai regulasi. Salah satu UMKM yang banyak dikenal di desa ini adalah usaha jajanan pasar yang dikelola oleh Ibu Nur Hidayah di Dusun Soroyudan. Usaha ini menjual produk-produk jajanan seperti tiga dara, roti goreng, sengkulun, carang gesing, bakpao, dan lain sebagainya. Salah satu isu yang dihadapi UMKM ini adalah daya simpan jajanan basah yang tidak lama sehingga ketahanan penyimpanan yang kurang optimal. 



Gambar 2. Produk UMKM Carang Gesing



Gambar 3. Produk UMKM Tiga Dara


Melihat potensi tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024, Raissa Indira Primusti, mencanangkan dan mengeksekusi program kerja berupa pengenalan penggunaan pengawet pada UMKM jajanan pasar milik Ibu Nur Hidayah. Berdasarkan produk yang diolah di usaha tersebut, terdapat beberapa pilihan pengawet yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan masa simpan produk-produk tersebut, seperti asam benzoat dan kalsium propionat. 

Program kerja tersebut dimulai dengan penyuluhan mengenai pengawet yang mencakup definisi, pemakaian, dan penjelasan mengenai stigma sekitar pengawet yang beredar di kalangan masyarakat. Penyuluhan pun dilanjutkan dengan pengenalan pengawet yang aman, terutama asam benzoat dan kalsium propionat. Bersama dengan pengenalan akan bahan pengawet tersebut, disertakan juga informasi mengenai dosis yang harus dipakai, sesuai dengan regulasi terkait yang berasal dari SNI maupun peraturan BPOM. Penyerahan produk berupa pengawet yang aman dan sudah melalui uji BPOM pun dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM tersebut. 

Pengenalan terhadap pengawet yang dilakukan kepada UMKM Ibu Nur Hidayah diharapkan dapat membantu berjalannya kegiatan usaha di desa Soroyudan. Keberlangsungan dan keberhasilan program tersebut sangat dibantu oleh partisipasi dan antusiasme dari pihak UMKM yang terlihat semangat dalam mempelajari dan menerapkan penggunaan pengawet yang aman.



Penulis: 
Raissa Indira Primusti
23020121130073
Teknologi Pangan
Fakultas Peternakan dan Pertanian

Lokasi: 
Desa Soroyudan, Kecamatan Tegalrejo

DPL: 
Dito Aryo Prabowo, S.Psi., M.Psi.

KKN TIM II UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar