Masyarakat Lalung Berdaya, Kurangi Sampah Plastik dengan Ecobrick

Masyarakat Lalung Berdaya, Kurangi Sampah Plastik dengan Ecobrick

 



Pelaksanaan Program Kerja Lalung Ecobricks


wirausahanesia.com - Kelurahan Lalung, (06/08/2024) -  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II dari Universitas Diponegoro yang ditempatkan di Kelurahan Lalung berhasil menggulirkan program inovatif dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik di Kelurahan Lalung. Program Lalung Ecobrick yang fokus pada pengenalan dan pendampingan pembuatan ecobrick telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan dengan melibatkan beberapa masyarakat di Kelurahan Lalung, khususnya bagi ibu-ibu PKK Kelurahan. Melalui sosialisasi yang intensif, mahasiswa KKN memberikan pemahaman tentang dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan dan cara sederhana mengolahnya melalui ecobrick sehingga mampu menghasilkan barang yang memiliki nilai estetika maupun nilai fungsional.

"Ecobrick ini sangat bermanfaat, selain mengurangi sampah plastik di lingkungan, juga bisa dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai produk yang bernilai tambah," ujar Ibu Ismu, salah satu warga Kelurahan Lalung.

Dalam pelaksanaan program, mahasiswa KKN tidak hanya memberikan teori, tetapi juga melakukan demonstrasi langsung pembuatan ecobrick. kegiatan tersebut diikuti sangat antusias oleh para partisipan. Mahasiswa KKN juga mendampingi warga dalam memilih jenis plastik yang sesuai, memotong, dan memadatkannya ke dalam botol plastik hingga padat.

"Kami sangat antusias dengan program ini. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kami juga bisa berkontribusi langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan," tambah (Ibu Endar).
Selama pelaksanaan program, sejumlah hasil positif telah berhasil dicapai, antara lain:

● Peningkatan kesadaran masyarakat: Mayoritas warga Kelurahan Lalung kini lebih peduli terhadap masalah sampah plastik dan bersedia untuk mengurangi penggunaannya.

● Terbentuknya kelompok peduli lingkungan: Beberapa warga berinisiatif membentuk kelompok kecil untuk terus memproduksi ecobrick dan mengolahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat.

● Terciptanya lingkungan yang lebih bersih: Jumlah sampah plastik yang berserakan di lingkungan sekitar berkurang secara signifikan.
 






Pelaksanaan Program Kerja Lalung Ecobricks


Mahasiswa KKN berharap program Lalung Ecobrick dapat terus berlanjut dan semakin berkembang. Dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, diharapkan program ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengatasi permasalahan sampah plastik.

"Kami berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola sampah. Dengan bekerja sama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang," pungkas (Rayhan Arlistya Pratama).



Penulis: 
1. Rayhan Arlistya Pratama
2. Aldi Mulyadi
3. Elita Rizki Santiyani
4. Faneza Putri Anggraini
5. Natasya Olivia Putri Setiawan
6. Dhiya Mazaya
7. Adrianus Satrio LU
8. Anisa Siti Solehah

Dosen Pembimbing Lapangan: 
1. Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.Kn
2. Zaenul Muhlisin, S.Si., M.Si., F.Med.,

Lokasi: 
Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Karanganyar 

Editor:
Achmad Munandar