Mahasiswa KKN Univeristas Diponegoro Melaksanakan Penyuluhan pencatatan keuangan UMKM berbasis Aplikasi Siapik BI dan Investasi

Mahasiswa KKN Univeristas Diponegoro Melaksanakan Penyuluhan pencatatan keuangan UMKM berbasis Aplikasi Siapik BI dan Investasi

 
Dokumentasi besama pemilik UMKM Catering D’Vareta

wirausahanesia.com - Desa Wringingintung, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang (19/07/2024) - Yuli Yanti. Mengenalkan Aplikasi pencatatan keuangan yang di buat dan dikembangkan oleh Bank Indonesia (SIAPIK) aplikasi ini dibuat untuk UMKM Indonesia agar dapat memudahkan pelaku UMKM membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat.  

SIAPIK Memiliki prinsip SMASH yaitu Standar, Mudah, Aman, Sederhana dan Handal yang dapat digunakan oleh seluruh pelaku UMKM mulai dari sektor jasa, dagang, manufaktur, pertaniaan, perikanan dll. Para Pedagang Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah desa Wringingintung, kec. Tulis, kab. Batang hampir masih melakukan pembukuan secara manual. Melalui program KKN Undip mahasiswa melakukan penyuluhan Pembukuan menggunakan Aplikasi  Siapik, Kegiatan ini dilaksanakan di rumah usaha Catering yang berada di Dusun Kadiran yaitu D’Vareta. 

Penyuluhan di barengi dengan praktik langsung bersama pemilik usaha D’Vareta melulai dari membuat profile, membuat persediaan bahan baku, daftar Customer, daftar Suplier, daftar utang dan piutang, penjualan dan pembelian. SIAPIK menghasilkan laporan keuangan secara otomatis yaitu laporan posisi keuangan atau neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. 

Dalam kegiatannya mahasiswa menyinggung tentang keuntungan pemilik belum terstuktur dengan baik, keuntungan digunakan untuk kehidupan sehari-hari sampai bertanya-tanya usaha sudah berjalan lama tapi belum menghasilkan aset kebendaan. Mahasiswa mengenalkan investasi emas pegadaian, investasi tersebut mudah dan praktis bisa melalui aplikasi Pegadaian dan membeli emas sesuai dengan uang yang diinvestasikan. Manfaat investasi dapat meningkatkan aset, memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang, dan menghindari dari hutang.  Diharapkan dari program ini dapat bermanfaat dan memudahkan pelaporan keuangan di sektor UMKM. 



Dosen pembimbing : 
Dr. Julian Dewantiningrum, M.Si.Med., Sp.OG(K)

Penulis : 
Yuli Yanti, D4 
Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi
Universitas Diponegoro 

Editor:
Achmad Munandar