Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Perangkat Kelurahan Tipes, Surakarta Untuk Mengaktifkan Sosial Media Kelurahan Melewati Program Monodisiplin “Pelatihan Social Media Management Kepada PIC Sosial Media Resmi Kelurahan”

Mahasiswa KKN UNDIP Membantu Perangkat Kelurahan Tipes, Surakarta Untuk Mengaktifkan Sosial Media Kelurahan Melewati Program Monodisiplin “Pelatihan Social Media Management Kepada PIC Sosial Media Resmi Kelurahan”

 



wirausahanesia.com - KELURAHAN TIPES - Kelurahan Tipes merupakan salah satu dari 7 kelurahan yang ada di kecamatan Serengan, kota Surakarta. Kelurahan Tipes sudah mengalami fase digitalisasi yang cukup signifikan baik dari segi pelayanan, administrasi, dan infrastruktur. Salah satu unsur digitalisasinya adalah kepemilikan sosial media resmi kelurahan. Sosial media yang dimiliki oleh kelurahan Tipes yaitu Instagram dan Youtube.

Kelurahan Tipes memiliki potensi bisnis dan pemasaran yang cukup menjanjikan berkat adanya sosial media resmi kelurahan. Namun, pemanfaatan sosial media tersebut masih belum maksimal karena kondisi sosial media resmi kelurahan yang tidak aktif sehingga menghambat peluang bagi kelurahan Tipes untuk membranding kelurahan.

Abi Dzar Dimasyqi, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, memiliki program monodisiplin yang dapat menanggulangi masalah ini yaitu Pelatihan Social Media Management kepada PIC (Person In Charge) Sosial Media Resmi Kelurahan. Social media management merupakan kegiatan yang meliputi pengelolaan sosial media demi membuka peluang bisnis dan mengembangkan brand kelurahan melalui strategi pemasaran yang  dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan bersosial media agar dapat memanfaatkan sosial media kelurahan dengan lebih baik. Pengelolaan sosial media ini berguna untuk membuka peluang bisnis melewati strategi pemasaran kelurahan yang baik dan menarik perhatian audiens dunia maya.






Kegiatan ini dimulai pada tanggal 7 Agustus 2024 jam 13.00 WIB yang dihadiri oleh PIC Sosial Media Resmi kelurahan yang berjumlah 3 orang yang juga merupakan perangkat kelurahan Tipes, antara lain Apil Rekomoyo, Bayu Aryono Putro, dan Oktavianto Sandy Kurniawan yang merupakan staff di kantor kelurahan Tipes. Kegiatan dibuka dengan sesi perkenalan antara mahasiswa KKN dengan PIC, lalu disusul dengan pembahasan mengenai Social Media Management secara umum, dan sesi pelatihan yang meliputi setup profil sosial media resmi kelurahan dan diskusi perihal strategi kreatif untuk branding kelurahan dan saran konten yang layak di upload di masing-masing laman sosial media.


Editor:
Achmad Munandar