Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasikan Budidaya Ikan Dalam Galon Untuk Optimalisasi Barang Bekas

Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasikan Budidaya Ikan Dalam Galon Untuk Optimalisasi Barang Bekas

 


Melaksanakan pelatihan cara budidayanya 
kepada ibu KWT dan penyerahan hasil dari budikdalon
 

wirausahanesia.com - Desa Sidorejo, 4 Agustus 2024. Menanggapi tantangan keterbatasan lahan dalam budidaya dan mengoptimalkan penggunaan barang bekas, mahasiswa KKN UNDIP di Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo berhasil melaksanakan pelatihan dan sosialisasi budidaya ikan lele dalam galon bekas (le mineral). Kegiatan ini mengedukasi ibu-ibu, khususnya ibu-ibu KWT, mengenai pemanfaatan galon bekas sebagai wadah budidaya ikan lele dan melatih keterampilan budidaya ikan lele secara sederhana di ruang terbatas.

Pelaksanaan ini dihadiri oleh 30 ibu-ibu warga Desa Sidorejo dan termasuk ibu-ibu KWT. Dewi Titis Sri Mukti mahasiswa KKN Universitas Diponegoro jurusan Akuakultur menjelaskan secara rinci teknik budidaya ikan lele dalam galon bekas, mulai dari pengolahan galon, pemilihan bibit, persiapan media, pemberian pakan, hingga perawatan ikan lele dalam galon. 



Budidaya ikan lele dalam galon bekas adalah solusi praktis dan ekonomis bagi warga yang memiliki keterbatasan lahan, dan langkah budidaya yang dapat dilakukan yaitu pertama masukan bibit lele kedalam media, beri pakan ikan lele dengan pelet yang sudah disediakan diwaktu pagi dan sore hari, dan penggantian air setiap 2 hari sekali. Manfaatnya budidaya ikan dengan galon bekas (le mineral) biaya murah, fleksibilitas, skala kecil, kontrol kualitas air, pengelolaan nutrisi yang mudah.


Antusiasme ibu-ibu sangat terlihat selama kegiatan berlangsung. Mereka aktif bertanya untuk lebih mengetahui tentang budikdalon, karena ibu-ibu memiliki banyak galon bekas yang tidak termanfaatkan dan untuk mengisi waktu luangnya. 

Dengan terlaksananya program kerja ini, pelatihan dan sosialisasi diharapkan dapat memotivasi masyarakat di Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan ruang terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan potensi barang bekas dan mendorong inovasi dalam pemanfaatan lahan yang sempit, sehingga dapat menginspirasi solusi kreatif dan berkelanjutan untuk tantangan ruang di lingkungan mereka.



Penulis : 
Dewi Titis Sri Mukti

DPL
Dr. Khabibi, S.Si, M.Si

Editor:
Achmad Munandar

#KKNUndipTim2
#LPPMUndip
#p2kknundip
#Undip