Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Pemberian Edukasi, Pendampingan dan Pemberdayaan Terpadu Kepada Pelaku UMKM Di Desa Girirejo

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Lakukan Pemberian Edukasi, Pendampingan dan Pemberdayaan Terpadu Kepada Pelaku UMKM Di Desa Girirejo

 

Gambar 1. Dokumentasi Pelaksanaan Program

wirausahanesia.com - Wonogiri (11/8/2024) - UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan usaha yang dijalankan secara perorangan, kelompok, rumahan, atau badan usaha dalam skala kecil. Desa Girirejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Tirtomoyo yang memiliki banyak UMKM di setiap dusunnya dengan potensinya masing-masing. Dengan menjamurnya UMKM di lingkup Desa Girirejo ini, maka diperlukan adanya pemberdayaan lebih lanjut kepada para pelaku UMKM untuk mendorong kemajuanya.

Dalam menangani permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Girirejo mengambil langkah dengan mengadakan sosialisasi kepada para pelaku UMKM dengan judul “Pemberdayaan & Pendampingan Terpadu UMKM Desa Girirejo”. Pemberian edukasi ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada pelaku UMKM untuk menapaki usahanya lebih jauh. 
 
Program yang dilaksanakan oleh Tim KKN ini dirancang berdasarkan survei yang telah dilakukan ke beberapa UMKM di setiap dusunnya selama dua migggu. Program tersebut dilaksanakan di Gedung TP PKK Desa Girirejo yang terletak di sebelah kantor Desa Girirejo pada tanggal 5 Agustus 2024. Dalam program ini dilakukan pemberian materi dan diskusi interaktif  dengan para pelaku UMKM. 

Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, strategi pemasaran, serta akses ke pasar yang lebih luas. Pada program yang dilakukan disampaikan beberapa materi, yaitu “Packaging”, “Labelling Produk Pangan”, “Pentingnya Pendataan dan Pencatatan Keuangan”, “Pembiatan NIB Secara Online”, “Cerdas Mengelola UMKM”, “Pemasaran Digital UMKM”. Tidak hanya pemberian materi saja, Tim KKM Desa Girirejo juga memberikan modul yang berisikan tentang pengembangan UMKM sesuai dengan materi-materi yang telah disampaikan. 
 

Gambar 2. Dokumentasi Bersama Pelaku UMKM Desa Girirejo

Program yang dilakukan oleh KKN Tim II UNDIP ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi Universitas Diponegoro dalam pengabdian kepada masyarakat sekaligus pemberdayaan UMKM. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan mahasiswa KKN dapat memberikan kontribusi secara langsung kepada para pelaku UMKM di Desa Girirejo dalam meningkatkan produk dan pengelolaan UMKM.



Penulis : 
Zulfiqar Amerta Rahardi
Mahasiswa Jurusan Peternakan
Fakultas Peternakan dan Pertanian
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar