KKN Undip Perluasan Pasar UMKM Desa Suruh Dengan Dukungan Google Maps

KKN Undip Perluasan Pasar UMKM Desa Suruh Dengan Dukungan Google Maps

 


wirausahanesia.com - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan program branding usaha UMKM yang berada di Desa Suruh. Program ini bertujuan pada peningkatan dalam promosi dan perluasan pasar bagi UMKM yang menghadapi permasalahan dalam upaya memasarkan produk mereka. Dalam program ini mengimplementasikan ilmu management yang dipelajari mengenai konsep-konsep digital marketing yang berfokus untuk pengembangan strategi pemasaran yang akurat.

Program ini berlangsung pada 7 Agustus 2024, melalui edukasi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi media social tepat guna sebagai alat Branding dan promosi. Para pemilik UMKM disosialisasikan dengan  manfaat mendaftarkan usaha mereka di Google Maps untuk memaksimalkan pemasaran produk mereka dikenal luas oleh calon pembeli. 

Selanjutnya, menjelaskan secara terperinci keuntungan memperkenalkan produk yang mereka jual di Platform digital melalui Google Maps seperti mengunggah foto produk, variasi pilihan produk maupun harga yang ditetapkan oleh pemilik UMKM. Kami juga memberikan panduan tentang penyusunan deskripsi produk mereka dan bagaimana pengambilan gamabr yang diupload ke Google Maps, dikarenakan dapat menarik perhatian dan meningkatkan daya Tarik dari produk tersebut.


 


Dengan adanya penerapan strategi pemasaran melalui Google Maps, diharapkan dapat memudahkan bagi pemilik UMKM dan calon pembeli sebab calon pembeli dapat melakukan survey terlebih dahulu pada barang ataupun produk yang ingin mereka beli melalui Google Maps. Program ini bermaksud untuk Membantu UMKM yang berada di Desa Suruh dalam hal mengatasi kendala promosi dan memperluas jangkauan pasar serta memaksimalkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan penjualan yang lebih pesat.



Penulis: 
Rafly Prasodjo Setiawan 
(Managemnt IUP 2020)

DPL: 
Moh. Asadullah Hasan Al Asy’Arie S.H., M.Kn.

Lokasi KKN: 
Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar

Editor:
Achmad Munandar