"Kenapa Takut Punya NPWP?" Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi dan Pendampingan Pembuatan NPWP Secara Online

"Kenapa Takut Punya NPWP?" Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi dan Pendampingan Pembuatan NPWP Secara Online

 


wirausahanesia.com -  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pendampingan dan edukasi mengenai pembuatan NPWP secara online kepada pengusaha konveksi di Desa Pajomblangan, Kec. Kedungwuni, Kab. Pekalongan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Monodisiplin oleh Ardian Purbo Pangestu dari Jurusan D4 Akuntansi Perpajakan.

Sebagai wajib pajak, sudah menjadi kewajiban bahwa pelaku usaha harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selain fungsinya sebagai syarat dalam administrasi, NPWP juga berfungsi untuk membuat surat izin dagang dan sarana administrasi pajak.

Tak sedikit pengusaha di Desa Pajomblangan yang berniat untuk menghindari pajak dan takut untuk memiliki NPWP. Padahal jika memiliki NPWP belum tentu akan dikenai pajak dan akan diperhitungkan kembali oleh petugas pajak. Maka dari itu, Ardian memberikan edukasi dan pendampingan kepada para pengusaha. Tujuan dari program ini adalah memberikan pengertian kepada pengusaha yang sudah memiliki pendapatan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) untuk memenuhi kewajiban perpajakannya serta membantu dalam pembuatan NPWP agar masyarakat taat pajak. 



 
Program ini dilaksanakan  pada hari Selasa, 23 Juli 2024 secara door to door kepada pengusaha konveksi di Desa Pajomblangan kurang lebih sebanyak 15 orang. Program dilaksanakan dengan memberikan edukasi tentang pengertian NPWP, fungsi NPWP, dan pendampingan melakukan pendaftaran NPWP secara online. 

Dengan adanya program ini, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan baik dari pelaku usaha maupun masyarakat Desa Pajomblangan mengenai pentingnya memiliki NPWP sebagai langkah awal menjadi warga negara yang taat pajak.



Editor:
Achmad Munandar