Dukung Transformasi UMKM Desa Wirun: Mahasiswi KKN Tim II UNDIP 2023/2024 Lakukan Program Digitalisasi Keuangan Usahaku (DIGIKU)

Dukung Transformasi UMKM Desa Wirun: Mahasiswi KKN Tim II UNDIP 2023/2024 Lakukan Program Digitalisasi Keuangan Usahaku (DIGIKU)

 

wirausahanesia.com - Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo (11/08/2024) - Dikenal sebagai desa pengrajin gamelan, telah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Ramainya kunjungan ini membuat UMKM di Desa Wirun turut memainkan peran penting dalam menarik perhatian wisatawan. Melihat potensi UMKM yang dimiliki Desa Wirun, Syabila Andina Alifia, salah satu Mahasiswi KKN Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja DIGIKU atau “DIGitalisasi Keuangan Usahaku” untuk membantu mengembangkan potensi tersebut. 

Syabila menjelaskan pada para pelaku UMKM, bahwa pencatatan keuangan secara manual relatif kurang efisien. Sehingga, diperlukan alat untuk mempermudah proses pencatatan dan menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif. Ia juga menyampaikan bahwa laporan keuangan yang terstruktur dan komprehensif dapat membantu UMKM mengajukan kredit ke lembaga keuangan, memberikan informasi untuk menjajaki calon mitra bisnis, serta mempermudah pengurusan perizinan atau sertifikasi usaha.


Program kerja DIGIKU dilakukan menggunakan aplikasi SiApik dari Bank Indonesia. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu UMKM mengelola keuangan dengan lebih efisien dan transparan. UMKM juga diharapkan dapat meningkatkan akses keuangan, naik kelas, dan dapat meningkatkan produktivitas mereka.

Selain memberikan pelatihan digitalisasi pencatatan keuangan, Syabila juga melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha. Tujuannya, tidak hanya untuk memajukan ekonomi lokal tetapi juga meningkatkan nilai tambah bagi Desa Wirun sebagai destinasi wisata. Melalui pelatihan dan pendampingan ini, UMKM di Desa Wirun diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian desa serta menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.



Penulis:
Syabila Andina Alifia

Dosen Pembimbingan Lapangan: 
Farid Agushybana, S.KM., DEA., PhD
Muhammad Azhar, S.H., LL.M. N
Maharani Patna Ratna , S.S., M.Hum 

Editor:
Achmad Munandar