Dari Desa ke Kantong: Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Mlokomanis Kulon Cerdas Kelola Keuangan Melalui Literasi Keuangan Keluarga

Dari Desa ke Kantong: Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Mlokomanis Kulon Cerdas Kelola Keuangan Melalui Literasi Keuangan Keluarga




Pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan dan investasi 
menggunakan aplikasi Bibit kepada 
warga Mlokomanis Kulon, Senin (29/7) (Sumber: Dok. Pribadi)


wirausahanesia.comWarga Mlokomanis Kulon umumnya masih enggan menggunakan layanan perbankan. Mereka khawatir bahwa menyimpan uang di bank akan membuat saldo mereka terus berkurang karena biaya administrasi bulanan yang dianggap cukup besar. Selain itu, sebagian besar warga belum mengenal berbagai jenis instrumen investasi dan manfaatnya. Meskipun warga Mlokomanis Kulon memiliki kebiasaan menabung, kenyataannya mereka belum sepenuhnya memanfaatkan layanan perbankan secara optimal. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara praktek menabung yang sudah dilakukan dengan pemahaman yang mendalam tentang produk dan layanan keuangan. 

Kesenjangan ini semakin memperjelas pentingnya meningkatkan literasi keuangan di kalangan warga Mlokomanis Kulon, agar mereka dapat memanfaatkan berbagai layanan perbankan secara efektif dan bijak. Literasi keuangan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah kemampuan seseorang untuk memahami konsep keuangan, seperti menabung, berinvestasi, mengelola utang, dan membuat keputusan finansial yang bijak. Ini melibatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam mengelola keuangannya.

Dengan adanya masalah tersebut, dilakukan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan warga Mlokomanis Kulon. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan inisiasi program kerja monodisiplin oleh salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, Irgi Riftian Ghandi, program studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn., yakni “Family Financial Literacy: Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Investasi”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Mlokomanis Kulon tentang literasi keuangan, terlebih literasi keuangan keluarga. Program ini rampung pada Jumat (2/8) lalu secara door-to-door dengan mengunjungi setiap rumah warga di Kelurahan Mlokomanis Kulon. 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN memberikan pelatihan dan pendampingan langsung meliputi pengenalan produk perbankan, pengelolaan keuangan, serta pentingnya menabung dan berinvestasi sejak dini dengan menggunakan aplikasi Bibit. 

Melalui keberjalanan program kerja ini, diharapkan warga Mlokomanis Kulon memahami konsep-konsep dasar keuangan seperti menabung, berinvestasi, mengelola utang, dan membuat anggaran. Serta mengenal berbagai jenis produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko keluarga. Secara keseluruhan, program pelatihan pengelolaan keuangan dan investasi diharapkan dapat memberikan bekal yang kuat bagi keluarga untuk mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik.



Penyerahan leaflet secara simbolis 
kepada masyarakat Mlokomanis Kulon, Senin (29/7) 
(Sumber: Dok. Pribadi)



Penulis: 
Irgi Riftian Ghandi

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.
Muh. Fauzi, S.K.M., Ph.D.

Lokasi: 
Kelurahan Mlokomanis Kulon
Kecamatan Ngajidorjo, Kabupaten Wonogiri

Editor:
Achmad Munandar