Bangkitkan Potensi UMKM ! Mahasiswa KKN Undip Wujudkan UMKM Go Digital

Bangkitkan Potensi UMKM ! Mahasiswa KKN Undip Wujudkan UMKM Go Digital




wirausahanesia.comKabupaten Batang -  25 Juli hingga 27 Juli 2024 mahasiswa KKN Undip mengadakan program pelatihan serta pendampingan pendaftaran E-commerce bagi UMKM guna mendorong pelaku usaha melek teknologi untuk dapat meningkatkan layanan secara inovatif melalui teknologi digital. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro. Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar merupakan salah satu desa yang mempunyai potensi berbasis ekonomi yang kuat. 

Ana Nur Laili Ari Antika mahasiswa program studi Administrasi Publik mengungkapkan bahwa “mayoritas pelaku UMKM di Desa Wonokerto memasarkan produk jualannya secara konvensional belum mengenal teknologi dan masih kesulitan untuk menjangkau target pasar”. Begitu juga berdasarkan wawancara dengan Kepala Desa Wonokerto, Bapak Juono mengatakan bahwa “masyarakat wonokerto belum begitu mengenal teknologi dan produk-produk UMKM masih dipasarkan secara langsung atau biasanya dititipkan di pasar” jelasnya. 

Oleh karena itu, Ana menginisiasikan program kerja yang berjudul “Mewujudkan UMKM Go Digital” yang dilakukan secara door to door pada setiap pelaku UMKM dengan membagikan booklet. Program kerja tersebut dilakukan dengan penjelasan terkait :

1. Definisi digital marketing

2. Manfaat serta kelebihan digital marketing 

3. Strategi Go Digital UMKM

4. Pengenalan aplikasi E-commerce serta alur pendaftarannya

5. Tips berjualan online dengan menekankan pada pelayanan pelanggan 

Dalam program tersebut, ternyata mampu mengubah cara pandang pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi terhadap strategi pemasaran sehingga dapat menjangkau konsumen secara luas, tidak hanya di satu desa saja melainkan di luar kota. Dibuktikan dengan beberapa pelaku UMKM tertarik untuk dibuatkan akun e-commerce

Dalam proses pelatihan serta pendampingan digital marketing, Ana membantu untuk pembuatan Maps untuk UMKM terlebih dahulu sehingga publik mengetahui lokasi usaha yang diinginkan, setelah itu pendampingan pendaftaran pada akun E-Commerce. Pada sesi terakhir, Ana juga memberikan pengarahan kepada pelaku UMKM untuk lebih menekankan pada pelayanan pelanggan. Karena pelayanan yang berkualitas akan mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan produktivitas usahanya. 



Penulis :
Ana Nur Laili Ari Antika / Administrasi Publik

Editor :
Achmad Munandar